Inilah Rincian Biaya Pernikahan yang Harus Dipersiapkan
Inilah Rincian Biaya Pernikahan yang Harus Dipersiapkan

Inilah Rincian Biaya Pernikahan yang Harus Dipersiapkan

Odiablog.comInilah Rincian Biaya Pernikahan yang Harus Dipersiapkan. Seperti yang sudah disebutkan, biaya pernikahan adalah hal penting yang harus disiapkan oleh teman dan calon pasangan saat memegang akad nikah dan resepsi.

Agar biaya pernikahan sesuai dengan anggaran awal, ada beberapa detail yang harus ditentukan, antara lain:

Biaya seserahan

Seserahan atau penyerahan mencakup tradisi yang selalu ada dalam prosesi pernikahan menggunakan adat istiadat suatu daerah. Jika konsep pernikahan teman menggunakan tradisi ini, maka perlu disiapkan barang-barang yang akan dijadikan seserahan.

Umumnya, isi seserahan meliputi perlengkapan ibadah, kebutuhan pengantin, hingga makanan. Estimasi biaya seserahan cenderung relatif, tergantung brand atau merek yang anda tentukan.

Biaya mas kawin dan cincin kawin

Mas kawin dan cincin adalah aspek penting dari pernikahan. Biasanya Mahar dalam bentuk seperangkat alat ibadah dan sejumlah uang tunai, perhiasan, atau logam mulia.

Perkiraan biaya mahar berupa logam mulia 5 gram sebesar Rp 5 juta. Sementara itu, biaya cincin kawin dijual mulai dari Rp 7 juta untuk sepasang.

Biaya KUA

Biaya pernikahan di KUA sebenarnya gratis jika pernikahan dilakukan selama jam kerja operasional dari Senin hingga Jumat di KUA. Namun, jika pernikahan dilakukan pada hari libur, biaya yang telah ditetapkan oleh negara adalah Rp 600 ribu (belum termasuk biaya penguasa).

Biaya lokasi pernikahan

Biaya pernikahan ini perlu dipersiapkan jika Anda mengadakan resepsi pernikahan di tempat lain selain rumah. Penentuan lokasi juga tergantung pada konsep pernikahan yang akan diadakan.

Ada yang ingin menikah di gedung atau aula, tetapi ada juga yang memilih lokasi outdoor seperti taman dan lain-lain. Perkiraan biaya tergantung lokasi dan kapasitas tamu undangan, harganya mulai dari Rp 10 juta.

Biaya katering dan dekorasi

Biaya pernikahan yang tidak kalah pentingnya adalah katering dan dekorasi. Sementara itu, biaya dekorasi mulai dari Rp 4 juta. Namun, ada juga lokasi yang telah memasang tarif sekaligus dengan dekorasi.

Biaya penyelenggara pernikahan

Tidak semua pengantin wanita menggunakan jasa wedding organizer (wo) saat mengadakan pernikahan. Jika ingin menggunakan jasa WO, maka Anda juga harus menyiapkan dana sekitar Rp 8 juta.

Sekarang, ada banyak layanan WO yang menawarkan paket bundling dengan katering dan dekorasi. Pastikan Anda memilih layanan WO yang andal.

Biaya undangan dan suvenir

Sebenarnya, untuk meminimalkan biaya pernikahan, teman bisa menggunakan undangan digital daripada Undangan Cetak.

Namun, jika Anda masih membutuhkan Undangan Cetak, harga yang biasa ditawarkan mulai dari Rp 6 ribu / undangan. Sementara itu, harga souvenir cukup beragam tergantung barangnya, namun perkiraannya sekitar Rp 8 ribu/ item.

Biaya makeup dan gaun pengantin

Makeup dan gaun pengantin termasuk biaya pernikahan yang perlu dipersiapkan dengan hati-hati. Teman perlu menentukan tata rias dan gaun pengantin sesuai dengan konsep pernikahan. Perkiraan layanan tata rias dan gaun pengantin mulai dari Rp 8 juta.

Biaya dokumentasi

Dokumentasi juga merupakan salah satu biaya pernikahan yang harus sesuai dengan anggaran. Biasanya ada pengantin yang menggunakan jasa dokumentasi dari sebelum pernikahan atau pre-wedding. Perkiraan harga standar mulai dari Rp 7 juta untuk foto dan video.

Biaya tambahan lainnya

Biaya tambahan lainnya yang perlu Anda siapkan jika ingin mengeluarkan budget untuk seragam untuk kerabat atau teman dekat, hiburan musik, Mobil Pernikahan, dan lainnya.

Catat dan diskusikan dengan calon mitra untuk menentukan biaya yang diperlukan. Selain itu, biaya tambahan juga diperlukan jika ada hal-hal yang mendesak.

Itulah gambaran singkat tentang hal-hal yang harus

disiapkan sebelum menikah. Pastikan teman berdiskusi dengan calon pasangan dan keluarga terlebih dahulu dengan pasti, terutama mengenai anggaran yang dibutuhkan.

Jika Anda ingin segera menikah tetapi tidak ada dana yang memadai, ada solusi lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan memaksimalkan layanan kredit multiguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.