Bila Ingin Menikah Ketahui Rincian Biaya Pernikahan
Bila Ingin Menikah Ketahui Rincian Biaya Pernikahan

Bila Ingin Menikah Ketahui Rincian Biaya Pernikahan

Odiablog.ComBila Ingin Menikah Ketahui Rincian Biaya Pernikahan. Biaya pernikahan termasuk salah satu dari beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk setiap pasangan potensial dan keluarga ketika menikah.

Terkadang ada beberapa pendapat berbeda antara kedua belah pihak. Itulah sebabnya setiap pasangan yang ingin menikah perlu menyiapkan detail biaya pernikahan sejak awal agar prosesnya berjalan dengan baik.

Demi merayakan satu momen sakral yang berlangsung sekali seumur hidup, ada banyak hal yang harus dipersiapkan antara dua keluarga.

Selain biaya pernikahan, sebenarnya ada hal lain yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan antara kedua pihak agar pernikahan berjalan lancar.

Sebelum membahas rincian biaya pernikahan, Anda harus terlebih dahulu memahami tentang kesiapan keluarga ketika menikah.

Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dikutip dari situs resminya siapnikah.org menyebutkan setidaknya ada tujuh hal yang menjadi tolak ukur kesiapan pernikahan setiap calon pasangan, di antaranya:

Kesiapan usia

Faktor kesiapan usia sangat penting untuk dipertimbangkan teman sebelum menikah. Sebab, kematangan psikologis, sosial, dan fisik sangat dipengaruhi oleh kesiapan usia. Diposting di halaman siapnikah.org, BKKBN merekomendasikan kesiapan menikah dalam rentang usia 21-25 tahun.

Kesiapan keuangan

Kesiapan keuangan terkait erat dengan biaya pernikahan, yang harus dirinci dengan tepat. Penting bagi teman-teman untuk membuat rencana biaya pernikahan yang mencakup biaya penyelenggara pernikahan, sewa tempat, katering, pakaian pernikahan, dan banyak lagi.

Dengan membuat rincian biaya pernikahan, teman-teman akan lebih mudah untuk menyesuaikan dengan anggaran. Karena itu, sebelum menikah, pastikan teman Anda sudah memiliki sumber penghasilan tetap.

Kesiapan fisik

Seperti yang diketahui teman, memiliki keluarga membutuhkan kesiapan fisik untuk mencari nafkah, mengerjakan pekerjaan rumah, dan melakukan aktivitas lainnya.

Karena itu, teman dan calon pasangan perlu melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum pernikahan.

Biaya pemeriksaan kesehatan juga dapat dimasukkan ke dalam rincian biaya pernikahan sehingga pengeluaran dapat dipantau dengan jelas.

Kesiapan Interpersonal dan sosial

Kehidupan Interpersonal dan sosial sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Ketika teman-teman memutuskan untuk menikah, kesiapan sosial menjadi patokan untuk menjalin hubungan yang baik dan sehat dengan orang-orang di sekitar.

Kesiapan Moral

Kesiapan Moral sangat penting untuk mengendalikan perilaku sehingga dalam sebuah keluarga dapat memegang etika.

Keterampilan hidup

Ada banyak aspek kecakapan hidup yang perlu dipersiapkan oleh teman, seperti keterampilan dasar membersihkan rumah, memasak, mendidik anak, menjalankan peran suami/istri, dan lain-lain.

Keterampilan hidup juga terkait dengan kesiapan keuangan, dari menemukan cara untuk mendapatkan biaya pernikahan untuk biaya sehari-hari setelah menikah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.