8 Rekomendasi Aplikasi Edit Video untuk Laptop dan PC
Ilustrasi.(Pixabay/ACD)

8 Rekomendasi Aplikasi Edit Video untuk Laptop dan PC

Aplikasi edit video yang ringan dan mudah digunakan untuk laptop atau PC Anda? Pada artikel yang dikutip dari  Medcom.ID (28/12/22) memberikan rekomendasi video editor ringan yang bisa dijalankan di laptop atau PC Anda.

Aplikasi teknologi yang ditampilkan dalam artikel ini dirancang untuk menggunakan lebih sedikit RAM dan CPU sehingga tidak membebani PC atau laptop Anda.

Terlebih lagi, antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif memudahkan untuk melakukan pengeditan video dasar, seperti memangkas, menambahkan musik atau teks, menambahkan filter, dan banyak lagi.

Oke, lihat daftar di bawah ini.

8 Rekomendasi Aplikasi Edit Video untuk Laptop dan PC

Clipify

Rekomendasi pertama kami adalah Clipify, aplikasi pengeditan video ringan namun penuh fitur yang dibutuhkan pembuat video. Antarmuka yang sederhana dan intuitif membuat aplikasi ini mudah digunakan bahkan untuk pemula.

Dengan Clipify, Anda dapat dengan mudah memotong dan menggabungkan video, mengoreksi warna video, mempercepat atau memperlambat kecepatan, dan menambahkan narasi ke video Anda.

Aplikasi ini juga menyertakan berbagai efek transisi, perpustakaan musik dan font gratis, serta fitur stiker dan clipart yang membuat video Anda lebih dinamis dan menarik.

Yang terbaik dari semuanya, Clipify dapat diinstal dan digunakan pada laptop dan PC murah.

Untuk menjalankan aplikasi edit video ini, Anda memerlukan perangkat dengan spesifikasi minimal sebagai berikut:

  • OS: Windows 11, 10, 8, 7.
  • CPU: 1 GHz or faster (Intel, AMD)
  • Video card: Intel® HD Graphics 2000, NVIDIA® GeForce® 8 ? 8M, Quadro FX 4800, Quadro FX 5600, AMD Radeon™ R600, Mobility Radeon™ HD 4330, Mobility FirePro™ series, Radeon™ R5 M230 or higher.
  • RAM: 2 GB or more.
  • Hard drive space:500 MB or more.

AceMovi Video Editor

Aplikasi edit video ringan untuk laptop atau PC kamu selanjutnya adalah AceMovi Video Editor.

Selain menggunakan sumber daya yang minimal, aplikasi ini sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula berkat antarmukanya yang bersih dan intuitif.

AceMovi memungkinkan Anda membuat video dengan perekaman layar dan mengedit video dengan drag and drop. Agar lebih menarik, Anda juga dapat menambahkan musik, transisi, dan efek video dari pustaka fitur aplikasi ini.

Untuk dapat menjalankan AceMovi Video Editor di laptop Anda, Anda membutuhkan perangkat dengan spesifikasi minimum.

  • Operating System: Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, 10, 11 (32-bit & 64-bit)
  • Processor: 1G Hz processor, or above
  • RAM: 512MB or higher of RAM
  • Monitor: Monitor with 1024×768 pixels or higher resolution

Shotcut

Aplikasi edit video ringan untuk laptop atau PC kamu selanjutnya adalah AceMovi Video Editor.

Selain menggunakan sumber daya yang minimal, aplikasi ini sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula berkat antarmukanya yang bersih dan intuitif.

AceMovi memungkinkan Anda membuat video dengan perekaman layar dan mengedit video dengan drag and drop. Agar lebih menarik, Anda juga dapat menambahkan musik, transisi, dan efek video dari pustaka fitur aplikasi ini.

Untuk dapat menjalankan AceMovi Video Editor di laptop Anda, Anda membutuhkan perangkat dengan spesifikasi minimum.

  • Operating system: 64-bit Windows 7 – 11, Apple macOS 10.14 – 12., or 64-bit Linux
  • RAM: At least 4 GB for SD, 8 GB for HD, and 16 GB for 4K.
  • CPU: x86-64 Intel or AMD; at least one 2 GHz core for SD, 4 cores for HD, and 8 cores for 4K.
  • GPU: OpenGL 2.0 that works correctly and is compatible. On Windows, you can also use a card with good, compatible DirectX 9 or 11 drivers. We do not have a list.

VideoPad

VideoPad adalah aplikasi pengeditan yang paling mudah digunakan bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman mengedit video.

Antarmuka pengguna sangat mudah dipahami, mengedit video semudah menyeret dan melepaskannya ke garis waktu pengeditan.

Untuk membuat video Anda semakin menarik, Anda dapat menggunakan berbagai fitur seperti: pengeditan video 3D, menambahkan teks atau judul kredit, layar hijau kunci kroma untuk mengubah latar belakang video, hingga ratusan efek visual dan transisi tersedia.

Salah satu fitur hebat VideoPad adalah kemampuannya untuk membuat animasi stop-motion, sebuah fitur yang memungkinkan Anda membuat video dalam format .GIF.

Mengutip SteamPowered sebagai pengembang aplikasi ini, VideoPad memang dirancang untuk berjalan di perangkat dengan spesifikasi minim.

  • OS: Windows 10, XP, Vista, 7, 8 and 8.1.
  • Processor: 1.5 GHz.
  • Memory: 4 GB RAM.

Pinnacle Studio

Pinnacle Studio merupakan aplikasi edit video yang telah eksis lebih dari 10 tahun. Tampilan pengguna yang sederhana serta mudah digunakan membuat aplikasi ini dipilih banyak orang.

Pinnacle Studio memiliki seluruh fitur dasar untuk editing video seperti memotong dan menyatukan scene video, menambahkan teks atau audio, transisi video 2 dimensi yang menarik serta beragam efek video yang menarik.

Secara umum, Pinnacle Studio merupakan aplikasi edit video yang mumpuni bagi pemula, untuk menjalankannya di pc atau laptop kamu, maka kamu perlu perangkat dengan spesifikasi :

  • Operating system: Windows 11, Windows 10, 64 bit only.
  • Processor*: Intel Core i3 or AMD A4 3.0 GHz or higher.
  • RAM: 4 GB or higher, 8+GB highly recommended for Multi-camera.
  • Graphics card: Minimum resolution: 1024 x 768, minimum 256MB VGA VRAM, 512MB or higher recommended for hardware decoding acceleration.

Wondershare Filmora

Kami merekomendasikan Wondershare Filmora, aplikasi edit video ringan untuk laptop dan PC. Aplikasi ini dapat berjalan di Windows 7, 10 dan 11.

Filmora juga mendukung berbagai format video, audio dan foto bahkan mendukung perekaman layar.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat memanfaatkan fitur pengeditan video dasar, seperti memotong adegan atau video tertentu, atau menggabungkannya dengan video lain.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan berbagai efek, filter, transisi, dan teks dari pustaka aplikasi ini. Filmora juga mendukung fitur layar hijau yang memungkinkan Anda mengubah latar belakang video Anda.

Ini berarti Anda mendapatkan fungsionalitas pengeditan video lengkap, tetapi ringan untuk digunakan pada perangkat dengan spesifikasi minimal.

  • Operating Sytem : Windows 7/Windows 8.1/Windows 10 (64 bit)
  • Processor : Intel i3 or better multicore processor, 2GHz or above.
  • RAM : 4 GB RAM (8GB required for HD and 4K videos).
  • Graphics : Intel HD Graphics 5000 or later; NVIDIA GeForce GTX 700 or later; AMD Radeon R5 or later. 2 GB vRAM (4GB required for HD and 4K videos).
  • Disk : At least 10GB free hard-disk space for installation

OpenShot

OpenShot adalah aplikasi pengeditan video yang sederhana dan mudah digunakan.

Aplikasi ini sangat ideal bagi mereka yang baru terjun ke dunia video editing. Antarmuka pengguna aplikasi ini sangat sederhana sehingga Anda dapat menggunakan fitur-fiturnya secara intuitif.

Meskipun aplikasi ini terlihat sangat sederhana, namun sebenarnya memiliki berbagai fitur pengeditan yang mumpuni.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengekspor dan mengedit berbagai ekstensi video, audio, dan gambar. Selain itu, Anda juga dapat mengedit sedikit suara yang ingin ditambahkan ke video Anda.

Aplikasi ini dapat berjalan di PC atau laptop manapun dengan spesifikasi minimum.

  • Operating System: 64-bit Operating System (Linux, OS X, Chrome OS, Windows 7/8/10/11)
  • Processor: Multi-core processor with 64-bit support
  • RAM: 4GB of RAM
  • Hardisk: 1 GB of hard-disk space for installation & usage

Blender

Blender juga merupakan aplikasi pengeditan video berfitur lengkap namun mudah digunakan.

Selain fitur pengeditan video dasar seperti trimming, trimming dan penggabungan video. Blender juga menawarkan fitur pengeditan yang lebih canggih seperti pratinjau waktu nyata, pencampuran audio, sinkronisasi audio, dan visualisasi bentuk gelombang.

Antarmuka pengguna memiliki 32 slot waktu pengeditan yang dapat digunakan untuk mengedit gambar, suara, efek, transisi, dan masking.

Untuk menjalankan aplikasi Blender, Anda membutuhkan laptop atau PC dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Processor: 64-bit quad core CPU with SSE2 support
  • RAM: 8 GB RAM
  • Graphics card with 2 GB RAM
  • OpenGL 4.3

Sumber : Medcom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *