Tips Mudah Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad Dengan Mudah
Tips Mudah Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad Dengan Mudah

Tips Mudah Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad Dengan Mudah

odiablog.comTips Mudah Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad Dengan Mudah. Pengguna komputer khususnya tentu akrab dengan program Microsoft Office. Pekerjaan kami dengan program ini akan segera dibantu dengan solusinya.

Mungkin terutama bagi mereka yang bekerja di kantor dan Sekolah, Program Microsoft Office adalah program unggulan. Tanpa program kantor tugas Anda tidak bisa-mereka akan sulit untuk menyelesaikan bahkan tidak bisa menyelesaikan.

Hampir semua data kantor dan sekolah dapat dilengkapi dengan program Microsoft Office. Oleh karena itu, program Microsoft Office adalah program wajib yang harus dimiliki setiap komputer atau laptop.

Kelengkapan program yang merupakan paket perangkat lunak Microsoft Office sangat berguna dalam mengerjakan tugas-tugas komputer seperti Membuat Dokumen, data, presentasi, dan sebagainya. Dalam Program Microsoft Office, perangkat lunak lengkap tersedia untuk mendukung kantor, sekolah, dan sebagainya.

Baca Juga:

Anda sudah tahu kursus dengan program Office Word, Office Excel, Office PowerPoint, office access, dan sebagainya. Itulah yang saya maksud dengan Program Satu Paket Microsoft Office. Masing-masing program ini sangat kaya fitur dan relatif mudah dioperasikan.

Jadi tidak mengherankan di masa lalu sampai sekarang banyak orang yang menggunakan software ini. Misalnya Office Excel, program ini dirancang khusus untuk memudahkan kita dalam pengolahan data.Anda akan mencari beberapa informasi yang dapat Anda gunakan.

Segala sesuatu yang berkaitan dengan pemrosesan data seperti membuat tabel, membuat rumus, dan sebagainya semuanya tersedia sepenuhnya dalam program Excel Office.

Kemudian di excel di office juga kita dapat mengurutkan data sesuai dengan alfabet untuk satu atau yang berlawanan.

Berikut Cara Mengurutkan data di kantor menurut abjad (menurut abjad)

Menyortir data sesuai dengan huruf alfabet di kantor di Excel dibagi menjadi dua bagian, A-Z disebut menaik dan Z-A disebut menurun. Jika kita ingin mengurutkan data berdasarkan abjad mulai dari mail-to-mail, ini disebut ascending. Tetapi jika Surat dimulai dari huruf yang berlawanan, itu harus disebut menurun.

Data yang kita lihat diurutkan menurut abjad berdasarkan data atau tidak. Kedepannya jika kita ingin mencari data seseorang, akan sulit sampai datanya kecil. Untuk menghindari ini, mari kita ubah data menjadi dalam urutan abjad.

Kami akan abjad mengubah urutan sesuai dengan apa sel B atau nama mahasiswa di kolom A.It tidak memerlukan pendidikan alfabet lagi, yang disebut alfabet. Untuk mengubah urutan data, kita juga terlebih dahulu mengetahui nama atau judul data. Jika data contoh di atas adalah data siswa, maka tentu saja yang akan kita susun karakternya adalah data siswa.

Setelah kami memblokir semua data tabel yang akan mengubah urutan alfabet, maka kami memilih menu Data dan kemudian mengurutkan.

Sekarang kita memiliki kotak dialog sort di depan yang fungsinya adalah untuk mengubah urutan data dalam urutan abjad. Jika Anda check in / about data saya ada di header, artinya kami akan mengecualikan data yang ada di header tabel. Tentu saja, kita tidak perlu mengubah data yang terdapat dalam header ini.

Pilih sel atau kolom yang akan mengubah urutan urutannya. Dalam contoh kami, kami akan mengubah urutan data di sel B atau kolom Nama Siswa. Tinggalkan hanya default untuk sort dan untuk pemesanan silakan tentukan apakah anda akan meningkatkan urutan data (A-Z) atau menurun (y-a). Jika Anda telah selesai pengaturan, sekarang Anda klik Pilih OK.

Apa yang terjadi? Jika Anda melakukannya dalam pengaturan yang benar sekarang akan mengubah urutan data dalam sel siswa B atau nama kolom seperti yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang urutan nama siswa akan cocok dengan urutan abjad, a – Z atau Z-A (sesuai dengan pengaturan). Anda tidak perlu khawatir tentang kolom lain atau takut datanya tidak sesuai. Karena kita mengurutkan data (sort) maka secara otomatis kolom lain akan mengikuti atau bergerak bahkan sesuai dengan perubahan.

Setelah mengubah urutan abjad di kolom Nama Siswa, Masalah baru akan muncul. Bahkan jika kita awalnya membuat atau memiliki kolom nomor seri dalam data. Nomor urut ini akan usang, karena mengikuti perubahan susunan kolom nama siswa. Di Excel, Anda dapat membuat array angka dalam sekejap.

Lihat saja gambar di bawah ini: apakah data Anak berubah? Apa nama kelahiran dan agama? Bandingkan data di atas atau yang belum diubah dalam sistem!

Bagaimana Anda secara manual mengetik nomor 1 (satu) di sel A2 dan nomor 2 (dua) di sel A3. Kemudian Anda memblokir sel A2 dan A3 (angka termasuk sel 1 dan 2). Arahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah sel A hingga menyalakan kursor Hitam plus/plus ( + ). Klik + tahan (seret) di bawah sel terakhir, misalnya di sel gambar A24 atau hingga memainkan angka 23.

Leave a Reply

Your email address will not be published.