6 Cara Memonetisasi Blog Sesuai Passion Kamu
Ilustrasi Cara Memonetisasi Blog.(Pexels/MRG)

6 Cara Memonetisasi Blog Sesuai Passion Kamu

Cara Memonetisasi Blog  Pada dasarnya, Kamu dapat menghasilkan uang secara online jika Kamu memiliki komputer, topik yang menarik, dan sedikit kemauan. Apa waktu yang tepat untuk hidup, bukan? Salah satu cara paling populer untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan memulai sebuah blog.

Menjadi blogger penuh waktu terdengar cukup mudah: tulis beberapa kata dan dapatkan bayaran. Tetapi jika Kamu masih membaca ini, Kamu pasti bertanya pada diri sendiri satu pertanyaan yang sangat penting. Bagaimana saya bisa menghasilkan uang dari blog?

Ada beberapa metode berbeda yang dapat Kamu gunakan untuk mengubah blog Kamu menjadi mesin penghasil uang. Lihat enam cara ini untuk memonetisasi blog Kamu dan mulai menghasilkan uang nyata dari komputer Kamu.

Menyiapkan blog Kamu untuk sukses

Sebelum Kamu mulai memonetisasi blog Kamu, Kamu harus memastikan bahwa Kamu mengatur blog Kamu dengan benar. Lanjutkan membaca daftar periksa di bawah ini jika Kamu baru memulai atau belum memiliki blog langsung.

  • Pilih tema/topik untuk blog Kamu
  • Beli domain
  • Beli paket hosting
  • Pilih warna dan font Kamu
  • Mulailah dengan menambahkan semua halaman yang diperlukan – rumah, tentang kami, blog (jika berbeda dari rumah), kontak, toko (jika ada).
  • Buatlah blog Kamu
  • Lakukan Pengujian SEO

Kiat Bonus: Teliti platform dan situs hosting mana yang terbaik untuk Kamu. Luangkan waktu ekstra untuk memikirkan konten yang ingin Kamu tulis. Yang terbaik adalah mulai merencanakan konten Kamu sebelum Kamu mulai blogging. Ini akan membantu Kamu tetap di jalur dan tetap relevan dengan pos. Pelajari lebih lanjut tentang strategi konten jika Kamu mengalami masalah dalam membuat posting blog.

Cara Memonetisasi Blog

1. Iklan Bayar Per Klik (PPC)

PPC  adalah salah satu cara paling populer untuk memonetisasi blog Kamu yang penuh gairah. Iklan ditempatkan dan ditampilkan di blog Kamu sehingga pengunjung dapat mengkliknya.

Kamu akan dibayar ketika pengunjung diarahkan ke situs dari halaman Kamu dan melakukan pembelian. Aturannya berbeda-beda di setiap bisnis, jadi pastikan untuk membacanya dengan cermat.

Secara keseluruhan, memulai dengan PPC adalah cara yang bagus untuk mendapatkan banyak posting masuk dari blog Kamu. Mereka sangat berguna ketika Kamu memiliki banyak lalu lintas.

2. Pemasaran Afiliasi

Ada banyak orang dan perusahaan yang menciptakan produk yang mereka butuhkan untuk membantu penjualan. Nah, pemasaran afiliasi memungkinkan mereka mendapatkan bantuan dari Kamu selagi Kamu masih bisa menghasilkan uang.

Ada banyak forum tempat orang memposting permintaan untuk program afiliasi mereka. Selain itu, perusahaan seperti Amazon dan banyak lainnya menawarkan program pemasaran afiliasi yang memungkinkan Kamu untuk menjual produk dan layanan mereka di blog Kamu.

Kamu dapat mulai dengan menempatkan tautan di posting blog Kamu menggunakan kode khusus yang mereka berikan kepada Kamu. Komisi diperoleh saat orang membeli sesuatu menggunakan tautan dan kode yang dipersonalisasi.

Pastikan untuk bermitra dengan perusahaan yang memiliki produk yang sesuai dengan tema/topik blog Kamu. Terlalu banyak trik dapat membingungkan audiens Kamu. Ini juga sopan (meskipun opsional) untuk memberi tahu orang-orang ketika posting berbayar ada di depan.

3. Jual produk Kamu sendiri

Jika Kamu tidak ingin menjual produk orang lain, Kamu bisa menjual produk Kamu sendiri!

Saat ini tidak memproduksi produk tetapi tertarik untuk menjualnya di blog Kamu? Nah, luangkan waktu sejenak untuk memikirkan jenis produk apa yang bisa Kamu buat untuk melengkapi blog Kamu. Misalnya, jika Kamu memiliki blog kecantikan alami, Kamu dapat mulai membuat dan menjual produk perawatan kulit alami.

Pertimbangkan untuk membuat produk digital yang Kamu tidak punya cukup waktu atau tidak tertarik dengan produk fisik. Ini termasuk hal-hal seperti e-book, template, file audio, dan video. Kamu bahkan dapat membuat kursus untuk mengajari audiens Kamu sesuatu yang berharga dan menjualnya langsung dari situs web Kamu.

Jadilah kreatif dan pertimbangkan apa yang disukai pembaca Kamu ketika mereka memutuskan produk mana yang akan dijual. Ini bisa menjadi rencana yang bagus untuk membantu Kamu memonetisasi blog Kamu yang penuh gairah.

4. Jual layanan Kamu

Layanan adalah produk lain yang dapat Kamu tambahkan ke halaman toko Kamu. Kamu dapat mengajar dan melatih orang tentang topik pilihan Kamu seperti yang Kamu lakukan dengan kursus.

Putuskan apa yang dapat Kamu tawarkan kepada orang lain dan mulailah membuat paket untuk dijual di blog Kamu. Pastikan orang tahu bahwa layanan Kamu tersedia, apakah itu pelatihan kehidupan, konsultasi bisnis, atau pelatihan kebugaran. Itu berarti pasar, pasar, pasar!

Kiat bonus: Gunakan plugin kalender dan jadwal untuk mempermudah mengelola waktu untuk sesi dan kelas klien.

5. Lakukan Review Produk

Berikut cara lain untuk memonetisasi blog Kamu yang penuh gairah: ulasan produk. Jika Kamu memiliki pengikut yang baik atau niche di mana Kamu biasanya mencoba produk yang berbeda seperti rambut atau kebugaran.

Kamu dapat menyarankan perusahaan untuk mendapatkan perhatian mereka, atau terkadang mereka dapat datang kepada Kamu jika Kamu melakukan pekerjaan yang baik dengan blog Kamu. Ada banyak perusahaan yang mencari duta merek, jadi pantau terus.

6. Jual atau lelang situs web Kamu

Yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa mereka tidak harus meninggalkan blog mereka begitu saja jika mereka kehilangan minat atau tidak dapat lagi memenuhi permintaan. Berikut adalah cara untuk memonetisasi blog Kamu yang penuh gairah dengan beberapa waktu dan usaha.

Lelang di situs.

Orang akan membeli situs Kamu, terutama jika mereka memiliki banyak pengikut dan lalu lintas yang baik. Ada situs web di mana Kamu dapat dengan aman dan legal menjual blog Kamu kepada pembeli yang tertarik.

Uangkan Blog Gairah Kamu Hari Ini

Kamu dapat mulai menerapkan semua metode yang tercantum di atas sekarang. Namun, jangan merasa harus melakukan semuanya sekaligus. Cobalah satu atau dua cara untuk memulai. Kamu harus melalui proses coba-coba yang teratur untuk mencari tahu apa yang cocok untuk Kamu, tetapi pada akhirnya itu sepadan.

Ingatlah bahwa kesuksesan tidak datang dalam semalam dengan blogging. Tapi itu bisa terjadi!

  • Melacak waktu posting
  • Rencanakan konten Kamu sebelumnya
  • Tambahkan foto dan video yang bagus
  • Tetap pada tema/topik Kamu
  • Bersikap positif dan sabar

Jika Kamu memiliki cara lain untuk memonetisasi blog Kamu yang penuh gairah, beri tahu kami di komentar di bawah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *