Ini 4 Cara Membersihkan Kamera HP Sendiri Dengan Tepat
Ilustrasi Cara Membersihkan Kamera HP.(Pexels/MRG)

Ini 4 Cara Membersihkan Kamera HP Sendiri Dengan Tepat

Cara Membersihkan Kamera HP Banyak pengguna teknologi menggunakan tisu dan ujung kain dari pakaian mereka untuk membersihkan layar dan lensa kamera HP mereka. Padahal, pembersihan yang ceroboh dapat menggores lensa kamera dan merusaknya.

Kamu tidak perlu memanggil seorang profesional untuk membersihkan kamera HP Kamu. Pasalnya, Kamu bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan barang-barang yang ada di rumah. Dengan membuka halaman KompasTekno, Kamu akan belajar cara membersihkan kamera HP sendiri dengan benar.

Ini 4 Cara Membersihkan Kamera HP Sendiri Dengan Tepat
Ilustrasi Cara Membersihkan Kamera HP.(Pexels/MRG)

Cara membersihkan kamera HP Kamu

Untuk mendapatkan hasil pemotretan yang jernih tanpa menggores lensa, Kamu bisa membersihkan kamera dengan cara berikut ini.

1. Gunakan pena pembersih

Kamu dapat menggunakan pena pembersih untuk menghilangkan debu dari kamera HP Kamu. Alat pembersih ini memiliki banyak bulu lembut yang tidak akan menggores lensa ponsel Kamu.

Pena pembersih datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Ukuran dan bentuk ini biasanya dibedakan dengan lebar bulu dan kehalusan bulu. Untuk melakukan ini, Kamu dapat memilih ukuran yang sesuai dengan lensa kamera ponsel Kamu.

Atau, Kamu juga bisa menggunakan kuas makeup bersih dengan bulu lembut.

2. Gunakan kain microfiber

Jika lensa kamera Kamu tertutup sidik jari, Kamu dapat membersihkannya dengan kain microfiber atau buff lembut. Kain mikrofiber akan menghilangkan noda tanpa meninggalkan serat pada lensa.

Kamu dapat menggunakan kain lembut apa saja untuk membersihkan lensa kamera. Hindari membersihkan dengan tisu, karena tisu selalu meninggalkan partikel debu pada lensa.

3. Gunakan tisu lensa

Tidak hanya lensa kamera yang terkena debu atau sidik jari, tetapi juga sering terkena minyak yang secara tidak sengaja tumpah dari tangan Kamu. Kamu dapat menggunakan kain pembersih lensa yang dibasahi dengan pembersih lensa untuk menghilangkan minyak.

Pembersih lensa dapat membantu Kamu membersihkan minyak dan kotoran yang membandel dari kamera Kamu. Jangan menyekanya dengan tisu basah, karena tisu basah sering kali mengandung pelembut yang akan membuat lensa Kamu lebih berminyak.

Hindari juga menggunakan handuk kertas yang direndam dalam air, karena debu akan menempel pada lensa kamera setelah mengering. Partikel kain akan menempel pada lensa dan mengontaminasinya.

4. Gunakan pembersih lensa

Pembersih lensa khusus adalah pilihan yang baik untuk membersihkan lensa kamera. Pembersih ini biasanya berupa larutan alkohol encer. Jika Kamu tidak memiliki pembersih lensa di rumah, Kamu dapat membuatnya sendiri.

Untuk membersihkan lensa Kamu, yang Kamu butuhkan hanyalah alkohol isopropil dan air suling 50:50. Hindari menggunakan air keran untuk mencegah debu menempel. Ini dia cara membersihkan lensa kamera HP. Semoga ini membantu!

Sumber : kitakini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *