7 Furnitur Minimalis Rumah Dan Multifungsi
7 Furnitur Minimalis Rumah Dan Multifungsi

7 Furnitur Minimalis Rumah Dan Multifungsi

Odiablog.Com – Ingin menata furnitur minimalis, tapi khawatir karena rumah terlalu kecil? Eits, Anda bisa memilih dan menata furnitur minimalis meski lahan hunian cukup terbatas. Padahal, furnitur minimalis ini bisa memberi kesan luas di beberapa bagian ruangan.

Berbagai macam model furnitur rumah terkadang membuat teman impulsif dalam memilihnya. Bahkan, teman-teman tetap harus memperhatikan dimensi dan desain furnitur sesuai dengan luas dan konsep ruangan di rumah. Namun, teman-teman tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan dijelaskan tentang inspirasi furnitur minimalis sehingga hunian Anda terlihat lebih luas dan modern.

Rekomendasi furnitur minimalis dan Modern

Meskipun pemilihan furnitur minimalis harus disesuaikan dengan luas lahan, desain, dan konsep rumah, tetapi beberapa rekomendasi furnitur di bawah ini dapat menjadi pilihan teman karena cukup minimalis dan dapat memberikan kesan area yang luas di beberapa bagian ruangan:

Tempat Tidur Sofa

furnitur minimalis yang dapat mengatasi masalah keterbatasan ruang adalah sofa bed, yaitu sofa multifungsi yang dapat digunakan sebagai kasur lipat. Sofa bed merupakan salah satu furniture minimalis pilihan masa kini karena modern dan dapat dilipat (movable).

Untuk membuat sofa bed terasa lebih praktis saat digunakan, Anda bisa memadukannya dengan meja samping (side table) untuk memberi kesan ruangan yang lebih luas karena Anda bisa dengan mudah membuka dan melipatnya kembali.

Kabinet TV dengan penyimpanan ekstra

TV cabinet dengan extra storage cukup multifungsi karena dapat digunakan sebagai pembatas antara ruang tamu dan ruang keluarga. furnitur minimalis ini akan mengurangi penggunaan furnitur lain yang memenuhi ruangan.

Hanya dengan kabinet TV ini, teman-teman dapat menjadikannya tempat untuk TV, buku, ornamen dan sekat multifungsi. Namun, jika Anda memiliki TV dinding, pilihlah pembatas ruangan dengan desain minimalis yang bisa diisi dengan barang-barang kecil..

Rak Dinding

Furniture Minimalis yang bisa menjadi pilihan selanjutnya adalah rak dinding atau ambalan minimalis. furnitur ini memiliki efektivitas yang tinggi, sehingga tidak akan membuat ruangan terlihat penuh dan ramai.

Selain berfungsi untuk mempercantik ruangan, rak dinding juga sangat multifungsi karena bisa digunakan untuk menyimpan ornamen atau barang koleksi kecil. Rak dinding ini bisa dipasang di ruang tamu, ruang keluarga, dan ruangan. Dengan begitu bahkan tipe rumah kecil pun tidak membutuhkan banyak furnitur lainnya.

Mini Bar

Saat ini, tren mini bar diminati oleh banyak orang, terutama mereka yang memiliki rumah kecil. Seringkali ruang tamu, ruang makan dan dapur dibuat bersama tanpa partisi. Sebaliknya, mini bar menjadi furnitur minimalis yang dapat berfungsi sebagai penghalang antar kamar.

Selain digunakan sebagai meja makan dan meja dapur, Anda juga bisa menggunakan mini bar untuk bekerja, rak di bagian bawah bisa berfungsi untuk menyimpan buku dan dokumen lainnya. Bahkan, mini bar juga bisa menjadi tempat untuk mengobrol dengan anggota keluarga dan kerabat yang datang ke rumah.

Lemari kaca dua pintu

Untuk menghemat ruang di kamar tidur kecil, Anda bisa menggunakan lemari kaca dua pintu sebagai furnitur minimalis multifungsi. Cermin pada pintu lemari dapat membantu memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Anda dapat menempatkan furnitur minimalis ini di sudut ruangan, sejajar dengan pintu memasak sehingga semua bagian ruangan terlihat melalui cermin.

Bangku Multifungsi

Saat ini ada banyak furnitur minimalis multifungsi, salah satunya adalah bangku tipe ottoman. Selain berfungsi sebagai dudukan, bangku jenis ini memiliki kotak penyimpanan di bagian dalamnya, sehingga teman-teman dapat menyimpan buku, mainan, atau barang lainnya agar tidak berserakan di tengah ruangan.

Tempat tidur dengan laci penyimpanan

Tempat tidur multifungsi dapat menjadi pilihan furnitur minimalis karena dapat berfungsi untuk sofa dan di bagian bawah dapat digunakan sebagai laci penyimpanan. Dengan begitu, kamar tidur kecil bisa disulap menjadi ruangan yang cukup nyaman tanpa memiliki banyak furnitur tambahan lainnya.

Tips Memilih furniture Minimalis yang tepat

Tanpa furnitur, sebuah ruangan hanya akan tampak kosong, kurang estetis, dan membuat barang-barang tidak tersimpan rapi. Oleh karena itu, kehadiran furnitur sangat dibutuhkan sebagai perabot yang membawa kemudahan sekaligus berfungsi sebagai hiasan.

Namun, pemilihan furnitur terkadang cukup membingungkan bagi sebagian orang. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum memilih furnitur minimalis, apalagi jika lahan hunian tidak cukup luas. Berikut adalah beberapa tips yang dapat memudahkan teman untuk memilih furnitur minimalis, antara lain:

Perhatikan ukuran furnitur

Tips ini teman-teman penting dicatat bahwa ukuran furnitur selaras dengan ukuran dan kondisi ruangan di rumah. Misalnya, rumah dengan ruang terbatas akan lebih cocok untuk diisi dengan furnitur minimalis berukuran kecil hingga sedang.

Jika Anda tidak memperhatikan ukuran ruangan dan furnitur, kemungkinan akan membuat ruangan terasa lebih sempit dan tidak nyaman. Karena itu, hindari membeli furnitur yang sangat besar, terutama jika pada akhirnya furnitur tidak berfungsi sesuai dengan kebutuhan teman.

Pemilihan warna

Selain ukuran, pemilihan warna furnitur juga penting untuk menyelaraskan konsep rumah. Pilih warna furnitur yang sesuai dengan warna dominan di ruangan, serta hindari menerapkan warna kontras rendah. Kedua cara tersebut sangat penting agar kehadiran furnitur tidak menimbulkan ketimpangan yang merusak estetika atau keindahan ruangan.

Fungsi ruang dan furnitur

Ingin membeli furnitur minimalis karena tertarik dengan desain dan warna? Memang sah, tetapi jika Anda membeli tanpa memperhatikan fungsi dan kebutuhan itu tidak bijaksana, terutama ketika ukuran tanah rumah sangat terbatas. Pemilihan furnitur harus disesuaikan dengan fungsi ruang sehingga dana yang dikeluarkan bisa sesuai dengan kebutuhan teman.

Desain

Adalah umum bahwa teman – teman harus memilih desain furnitur yang sesuai dengan tema ruangan secara keseluruhan. Meski begitu, teman-teman disarankan untuk memilih desain furnitur abadi. Cara ini berguna untuk menghemat dana pengeluaran sekaligus bisa berkreasi dengan mengubah tampilan furnitur sesuai tren.

Pilih furnitur yang tahan lama

Ada banyak jenis furnitur yang tersedia di pasar. Namun, Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih furnitur dengan kualitas dan daya tahan yang kuat. Hindari membeli furnitur hanya dari segi warna dan desain. Teman juga perlu memperhatikan bahan atau alas furnitur, serta kualitas finishing yang baik. Mengukur metode ini adalah dengan melihat bahan pernis dan teknik, ketahanan terhadap kotoran dan debu, kemudahan perawatan, dan kualitas warna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.