Trik Mengubah Resolusi Layar NetBook Dari Registry
Trik Mengubah Resolusi Layar NetBook Dari Registry

Trik Mengubah Resolusi Layar NetBook Dari Registry

odiablog.comTrik Mengubah Resolusi Layar NetBook Dari Registry. Ketika kita ingin mengubah resolusi layar komputer bukanlah hal yang sulit.

Caranya di Windows 7 cukup klik kanan pada desktop, lalu klik Select screen resolution lalu pilih resolusi yang kita inginkan. Lantas bagaimana jika resolusi yang kita inginkan tidak muncul di deretan resolusi yang direkomendasikan oleh sistem Windows?

Jika itu terjadi khusus untuk netbook, jangan khawatir karena kita dapat melakukan resolusi layar secara manual. Mengapa saya menyebutkan netbook?

Netbook adalah benda yang kompak, kecil dan ringan untuk dibawa kemana-mana. Meskipun penggunaan NetBook memiliki banyak keuntungan, ini tidak berarti bahwa tidak ada kerugian. Selain memiliki prosesor yang kecil, resolusi NetBook juga biasanya kecil.

Jika perangkat seperti NetBook memiliki resolusi kecil, biasanya akan melambat jika kita ingin menggunakan program tertentu yang diperlukan untuk menerapkan resolusi besar. Misalnya, program Adobe Photoshop mengharuskan perangkat untuk menggunakan resolusi setidaknya 1024 x 768 piksel. Sedangkan netbook sendiri biasanya memiliki resolusi maksimal hingga 1024 x 600 piksel saja.

Baca Juga:

Ada banyak program lain yang membutuhkan resolusi perangkat yang digunakan 1024 x 768 piksel. Sebut saja sebagai program pengeditan video, editor foto dan berbagai program lainnya.

Jadi apa solusi untuk mengatasi hal di atas? Apakah kita harus mengubah perangkat NetBook ke komputer pribadi atau laptop? Jawabannya singkat, tidak perlu …

Mengapa tidak? Karena untuk mengatasi hal ini kita bisa mengecoh dengan membuat resolusi untuk mendukung aplikasi editor video dan editor foto seperti Adobe Photoshop.

Berikut cara mengubah resolusi layar Netbook dari registri

Untuk mengubah resolusi layar NetBook, kita dapat melakukannya dari registri. Jika Anda khawatir sesuatu akan terjadi pada NetBook setelah mengubah registri, buat cadangan terlebih dahulu. Bagaimana Anda dapat melihat di artikel Cara Membuat cadangan registri Windows 7, 8 dan 10 dengan mudah menyelesaikan gambar.

OK, mari kita mulai tutorial

Buka registri dari jalankan dengan menekan Windows + R pada keyboard, lalu ketik regedit dan OK.

Setelah jendela Registry Editor muncul, temukan entri seperti yang ditunjukkan di bawah ini dengan memperluas setiap folder. HKEY_LOCAL_MACHINE > sistem > CurrentControlSet > kontrol > kelas > {4d36e968-E325-11ce-BFC1-08002BE10318} > 0000

Untuk membuka DWORD, klik dua kali, kemudian mengubah nilai nilai data yang awalnya 0-1, dan kemudian klik OKE.

Sekarang, buka entri HKEY_LOCAL_MACHINE > sistem > CurrentControlSet > kontrol > kelas > {4d36e968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} > 0001.

Selanjutnya, cari dword Display1_DownScalingSupported lagi, jika tidak ada, buat terlebih dahulu dengan mengklik kanan Baru > Nilai DWORD (32-bit) atau nilai dword (64-bit) (sesuaikan dengan sistem operasi Windows yang digunakan). Selanjutnya, beri nama DWORD yang baru saja Anda buat dengan Display1_DownScalingSupported dan ubah data dari nilai nila menjadi 1.

Sekarang tutup tampilan Editor Registri karena hingga langkah ini Anda telah selesai mengubah resolusi layar. Restart NetBook, dan kemudian setelah netbook menyala lagi, periksa apakah sekarang daftar resolusi netbook telah meningkat. Klik kanan pada desktop, dan kemudian klik Pilih resolusi layar.

Anda periksa, jika sekarang sudah ada opsi resolusi 1000 x 768 piksel. Pilih resolusi dan coba instal editor video atau program pengeditan foto yang awalnya tidak dapat diinstal.

Untuk mengembalikan pengaturan registri ke Pengaturan Asli, lihat artikel perangkat lunak terbaik untuk mengembalikan registri Windows yang dihapus.

Oke, mungkin artikel Cara mengubah resolusi layar NetBook sudah cukup. Semoga artikel ini bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya. Sampai jumpa lagi di artikel bagus dan menarik lainnya. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.