Tips Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard
Tips Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard

Tips Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard

odiablog.comTips Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard. Power supply adalah perangkat keras komputer yang disajikan untuk mendistribusikan tegangan listrik pada perangkat keras lain yang dapat menjalankan komputer.

Catu daya sebagai kotak persegi yang biasanya dipasang di casing komputer atau tepat di dalam bagian belakang casing. Peran catu daya untuk komputer tentu saja merupakan perangkat keras yang penting karena tanpa catu daya, komputer tidak akan dapat menyala. Jadi jika Anda membeli power supply dianjurkan bahwa Anda harus memeriksa terlebih dahulu apakah power supply dapat bekerja dengan baik atau tidak.

Selain itu, jika Anda mendeteksi masalah jika komputer tidak menyala, maka langkah pertama yang harus Anda periksa adalah catu daya. Banyak komputer mati tiba-tiba karena masalah catu daya. Terutama jika kipas pada catu daya tidak berputar sama sekali maka Anda dapat yakin bahwa catu daya Anda bermasalah.

Baca Juga:

Jadi sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara memeriksa kondisi catu daya? Haruskah saya memeriksa catu daya di kapal?

Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti catu daya yang menurut Anda rusak dengan yang baru, pertimbangkan artikel ini sampai akhir terlebih dahulu. Disini saya akan membahas cara mengecek kondisi power supply untuk memastikan power supply rusak atau tidak. Periksa catu daya di sini termasuk yang kami lakukan tanpa menggunakan root.

Berikut cara memeriksa catu daya tanpa menggunakan orang tua

Ada banyak cara untuk memeriksa catu daya. Jika Anda pergi ke toko komputer dijual peralatan khusus untuk memeriksa kondisi catu daya (power supply Tester). Tetapi di sini saya tidak akan membahasnya, di sini saya akan membagikan cara memeriksa status kerusakan catu daya manual.

Cara panduan untuk memeriksa status kerusakan catu daya adalah melalui jumper. Cara jumper yang dimaksudkan di sini adalah menghubungkannya ke catu daya Plus ( + ) dan minus ( – ) menggunakan kabel.

Dengan demikian kita akan mengetahui dengan mudah Kondisi karena kerusakan power supply. Apalagi jika padam bahwa catu daya bermasalah, maka kita hanya perlu menggantinya dengan solusi daya atau yang baru.

Jika kita melihat kabel yang terhubung ke catu daya atau kapal daya yang terkandung dalam kabel, akan ada banyak kabel. Kabel dari catu daya yang terhubung ke tegangan disebut konektor catu daya. Konektor catu daya ini berfungsi untuk memasok tegangan daya ke Motherboard, CD-ROM, dan hard drive. Nah disini kita akan menghubungkan langsung konektor power supply (jumper) untuk mengecek kondisi kerusakan power supply.

Konektor catu daya pada catu daya memiliki 24 pin yang kemudian dibagi menjadi 2 bagian. Namun pada kenyataannya konektor catu daya catu daya yang paling penting hanya 20 pin. Cukup periksa apakah kita dapat memisahkan konektor 4 pin sehingga jumlahnya menjadi 20 pin. Juga untuk jenis pertama motherboard biasanya 20 pin saja.

Mari kita bahas inti dari masalah sekarang adalah bagaimana untuk memeriksa kondisi power supply rusak atau tidak.

Cara memeriksa kondisi catu daya dengan jumper

Anda melihat contoh gambar konektor power supply di bawah ini dalam warna berikut 20 pin power supply :

  • Anda menyiapkan perangkat untuk menghubungkan konektor (jumper) yang dapat menghantarkan listrik seperti kabel, tembaga, atau media lainnya;
  • Buka atau lepaskan catu daya dari casing komputer dan jangan lupa untuk mencabut semua kabel koneksi dari catu daya (motherboard, CD-ROM, dan hard drive);
  • Anda melihat gambar konektor catu daya 20 pin di atas dan warnanya. Ada warna hijau untuk plus ( + ), maka silakan masukkan salah satu ujung kabel ke konektor Warna Hijau Anda;
  • Untuk minus ( – ) adalah warna Hitam. Anda cukup memilih konektor Warna Hitam. Ada 7 konektor hitam, sebelum Anda memilih salah satu untuk menghubungkan salah satu kabel jumper;
  • Jika kedua kabel jumper dimasukkan atau dihubungkan antara konektor hijau dan hitam, harap sambungkan catu daya dan lihat umpan baliknya.

Apakah Anda harus memastikan bahwa catu daya rusak atau tidak setelah mempraktikkan metode di atas apakah kipas (kipas) yang terkandung dalam catu daya meluruh atau tidak?

Jika kipas menemui jalan buntu, dipastikan catu daya masih dalam kondisi baik. Tetapi jika sebaliknya catu daya tidak lagi layak digunakan. Cobalah untuk memperbaiki catu daya atau Anda harus menggantinya dengan catu daya baru jika situasinya serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published.