keamanan cyber

4 Tips Keamanan Cyber Untuk Bisnis Online

Tips keamanan Cyber. Hayo hayo, perhatikan betul-betul ya, para pemilik bisnis! Kita harus jaga-jaga nih, biar bisnis yang kita rintis gak terancam bahaya cyber. Jangan meremehkan fakta bahwa kecil-kecil cabai rawit, ternyata 43% dari kebocoran data itu terjadi di bisnis kecil dan menengah.

Waduh, kalau begitu bagaimana dong cara menjaga bisnis kita tetap aman? Tenang-tenang, jangan khawatir. Kita bisa meningkatkan keamanan cyber kita agar informasi pribadi kita dan pelanggan kita tetap aman. Berikut ini adalah tips keamanan siber bagi bisnis kecil yang paling top! Yuk, simak terus!

Tips Kemanan Cyber Bisnis Online

1. Pertimbangkan TI Terkelola

Eh, jangan buru-buru ngerasa putus asa ya, para bos kecil-kecilan! Pasalnya, saat bicara soal mengamankan situs web atau urusan bisnis online lainnya, banyak pemilik usaha kecil yang panik karena merasa tidak punya waktu dan uang untuk menanganinya dengan benar.

Bayangin aja, kalau mau nyewa profesional IT, pasti mahal banget. Belum lagi biaya untuk mendapatkan sumber daya yang tepat, seperti antivirus canggih, juga bisa bikin kantong tipis. Terus, mungkin aja kita lupa buat update rutin (yang ternyata penting banget untuk keamanan dunia maya).

Tapi, jangan khawatir! Jangan biarkan semua masalah ini bikin kepala jadi mumet. Ada kok solusinya, yaitu dengan menyewa layanan TI terkelola! Lewat layanan ini, Kamu bisa dapet bantuan untuk semua kebutuhan teknis Kamu, termasuk urusan keamanan online.

Udah ngerti kan? Nih, coba deh lihat-lihat contoh layanan keamanan cyber terkelola yang oke banget ini!

2. Lakukan Pelatihan Rutin

Kamu pernah nggak sih, melatih karyawan Kamu tentang praktik keamanan cyber yang terbaik? Kalau iya, mungkin cuma dilakukan saat mereka baru aja masuk kerja, kan? Padahal, hal itu nggak cukup untuk memastikan keamanan optimal bagi bisnis kecil Kamu.

Makanya, jangan lupa untuk jadikan pelatihan karyawan tentang keamanan siber sebagai acara rutin, ya. Bisa dilakukan sekali atau dua kali setahun, biar karyawan Kamu paham betul tentang keamanan siber. Dan, jangan lupa juga untuk melakukannya setiap kali Kamu mulai menggunakan teknologi baru.

Jangan harap karyawan Kamu udah tahu banget cara menghadapi peretas atau ancaman keamanan lainnya. Tugas Kamu sebagai majikan adalah memberikan pendidikan dan mendidik mereka. Jadi, jangan ragu buat meluangkan waktu dan anggaran buat pelatihan keamanan siber ini, ya!

3. Jangan Gabungkan Perangkat Kantor dan Rumah

Apakah Kamu membiarkan karyawan Kamu bekerja dari rumah atau memaksa mereka menggunakan telepon rumah untuk tujuan pekerjaan (atau bahkan Kamu sendiri yang melakukannya)? Kalau iya, saatnya untuk berubah, nih. Kalau Kamu suka melakukan kegiatan santai seperti main medsos atau duduk di depan komputer atau telepon kantor, Kamu sebenarnya membuka diri Kamu pada lebih banyak ancaman keamanan cyber.

Meskipun tampaknya mahal untuk memberikan perangkat yang berfungsi kepada semua orang, ini sebenarnya ide yang baik jika Kamu bekerja dengan informasi yang sensitif. Karena percayalah, biaya pelanggaran keamanan bisa jadi jauh lebih mahal. Jadi, mulai sekarang, jangan lagi menggunakan perangkat pribadi atau alat yang tidak aman saat bekerja, ya!

4. Selalu Cadangkan Data

Seberapa sering sih Kamu mencadangkan file dan informasi penting Kamu?

Kadang-kadang mencadangkan file terasa seperti pekerjaan yang terlalu berat dan tidak berguna, tapi faktanya, tidak mencadangkan informasi Kamu dapat berakibat buruk dalam jangka panjang. Kamu bisa kehilangan data penting atau bahkan mengalami bencana besar di bidang teknologi informasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur pencadangan secara otomatis agar informasi Kamu selalu aman dan terlindungi.

Baca Juga: 7 Pilihan Investasi Aman Terbaik Yang Bisa Kamu Coba

Terapkan Tips Keamanan Cyber ​​Ini

Jangan anggap enteng tips keamanan cyber berikut ini, meskipun terlihat sederhana, karena ini penting untuk menjaga bisnis kecil Kamu tetap aman. Jangan sampai informasi Kamu atau pelanggan Kamu terancam karena sikap terlalu santai terhadap keamanan. Lakukan perubahan sederhana ini untuk meningkatkan keamanan Kamu. Jangan lupa, kunjungi situs kami untuk artikel bermanfaat lainnya tentang teknologi dan hal lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *