Panduan Lengkap! Cara Mematikan Windows Update yang Mudah Tanpa Ribet!

Cara Mematikan Windows Update. Windows 10, salah satu sistem operasi yang populer dari Microsoft, dan telah digunakan secara luas oleh banyak pengguna. Namun, banyak dari para pengguna yang merasa jengkel dengan update sistem otomatis yang kadang-kadang mengganggu. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara untuk mematikan Windows update.

Dengan melakukan ini, Anda dapat menghindari masalah ketika Anda ingin menggunakan komputer Anda, namun tiba-tiba sistem melakukan pembaruan tanpa memberi Anda kesempatan untuk melakukan pekerjaan lain. Kebiasaan ini sudah berlangsung sejak zaman Windows 7, dan meskipun Windows 11 sudah hadir, Windows Update dan pembaruan-pembarunya akan selalu diingat sebagai salah satu aspek yang mungkin kurang menyenangkan dalam Windows 10.

Cara Mengaktifkan Penggunaan Terukur pada Koneksi WiFi

cara mematikan windows update_3

Metode ini hanya berlaku untuk perangkat yang terhubung ke jaringan nirkabel. Jika komputer Anda terhubung melalui kabel ethernet, Anda tidak akan dapat menggunakannya dengan keyakinan bahwa ini akan berhasil.

Dengan mengaktifkan penggunaan terukur pada koneksi WiFi di Windows 10, Anda dapat menginstal pembaruan sesuai keinginan Anda. Untuk melakukannya, buka pengaturan WiFi, pilih opsi lanjutan, dan aktifkan penggunaan terukur.

Cara Menghindari Layanan Windows Update yang Berjalan Saat Sistem Dinyalakan

Pembaruan Windows 10 memiliki cara kerja seperti proses lainnya. Yang perlu Anda lakukan adalah mencegahnya berjalan saat sistem dinyalakan, dan untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol Windows + R, ketik services.msc di bilah jalankan, dan tekan tombol “Enter.”
  2. Di daftar proses, temukan Windows Update dan buka dengan mengkliknya.
  3. Untuk menonaktifkannya, di tab “General”, cari opsi “Start Type” dan ubah menjadi “Deactivate.”
  4. Restart PC Anda, dan update otomatis akan menjadi hal yang sudah Anda selesaikan.
  5. Jika suatu saat Anda ingin mengaktifkannya kembali, cukup ikuti langkah-langkah ini lagi dan ubah jenis mulainya menjadi “Otomatis.”

Cara mematikan Windows Update Otomatis dengan Windows 10 Home Patch

cara mematikan windows update_2

Opsi ini hanya berpengaruh pada pembaruan aplikasi. Jika Anda ingin terus menerima pembaruan keamanan dan perbaikan dari Microsoft, Anda dapat menggunakan metode ini.

Microsoft sendiri sudah mengaktifkan untuk menonaktifkan pembaruan aplikasi secara otomatis, pada pembaruan kumulatif nomor 5 untuk Windows 10. Untuk cara mematikan windows update otomatis untuk aplikasi pergilah ke Pengaturan > Pembaruan & Keamanan > Windows Update dan pastikan Anda telah menginstal pembaruan Windows terbaru.

Setelah itu, buka aplikasi toko dan klik pada tombol profil Anda di toolbar. Jika Anda pergi ke bagian Pengaturan, Anda akan menemukan opsi yang disebut “Pembaruan Aplikasi” dengan pilihan “Perbarui Aplikasi Secara Otomatis.” Hapus tanda centangnya untuk menonaktifkannya.

Cara Nonaktifkan Update Otomatis Windows 10 Melalui Kebijakan Grup Lokal

Walaupun opsi untuk menonaktifkan pembaruan otomatis Windows 10 biasanya tersembunyi. Namun, dengan melakukan beberapa pengaturan pada kebijakan grup lokal, Anda dapat mengembalikan kemampuan untuk mencegah Microsoft mengunduh pembaruan ke komputer Anda.

Sebelum kita lanjut, penting untuk diingat bahwa opsi ini hanya berlaku bagi pengguna Windows 10 versi Pro dan Enterprise. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara mematikan Windows Update otomatis melalui kebijakan grup lokal, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di bilah pencarian Windows 10, ketik “Editor Kebijakan Grup Lokal” dan buka aplikasinya.
  2. Cari folder “Template Administratif” di dalam bagian “Konfigurasi Komputer” dan klik untuk membukanya.
  3. Klik dua kali pada “Semua Nilai” dan di dalam daftar yang muncul, carilah “Konfigurasi Pembaruan Otomatis.”
  4. Klik dua kali pada opsi tersebut, dan dari tiga pilihan yang tersedia di sudut kiri atas, pilih “Diaktifkan.”

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Cara Mempercepat Loading Website Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung!

Dari sini, di bagian bawah kiri jendela, Anda akan menemukan sejumlah opsi yang dapat Anda sesuaikan sesuai kebutuhan Anda. Terapkan perubahan tersebut dan restart Windows.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *