menggambar online gratis

Menggambar Online Gratis: Temukan Platform Terbaik untuk Berkreasi!

Menggambar online gratis. Saat ini, dunia digital menyajikan berbagai kesempatan menarik bagi pencinta seni. Anda tak perlu repot membeli alat-alat mahal atau memiliki komputer super canggih untuk mengasah bakat menggambar Anda. Terdapat beragam aplikasi dan situs web menggambar online gratis yang bisa Anda akses secara online, dan yang terbaiknya, semuanya gratis!

DeviantArt, Sketch, Aggie, Autodraw, dan SumoPaint adalah beberapa contoh platform yang menawarkan fitur-fitur mengagumkan untuk menggambar secara online. Mulai dari yang sederhana hingga kompleks, semua alat ini dirancang agar mudah digunakan dan bisa dinikmati oleh semua level kemampuan.

Kami dengan senang hati menyajikan daftar 18 aplikasi dan situs web menggambar online gratis keren yang dapat Anda gunakan di PC. Bersama kami, Anda akan menemukan alat yang sempurna untuk memperluas kreativitas Anda. Jadilah diri Anda yang paling berbakat dan berkreasi tanpa batas!

Bagaimana cara menggambar secara online gratis menggunakan situs web dan aplikasi?

menggambar online gratis 2
Ilustrasi Gambar By unsplash.com

Untuk menikmati pengalaman menggambar online gratis yang maksimal, penting untuk memilih platform atau aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Pertimbangkan tingkat keterampilan, jenis gambar yang ingin Anda ciptakan, serta fitur-fitur yang menjadi keinginan Anda.

Setelah menentukan pilihan aplikasi menggambar, luangkan waktu sejenak untuk mengenal beragam alat yang disediakan. Eksplorasilah kuas-kuas yang menarik, warna-warni yang memukau, pilihan pengeditan yang kreatif, serta berbagai kemungkinan personalisasi dan fitur menarik lainnya. Manfaatkan waktu tersebut untuk memahami dengan baik setiap fungsi dan menemukan cara terbaik untuk mengaplikasikannya dalam karya seni yang Anda ciptakan.

1. JSPaint

Kita mulai dengan seleksi halaman dan aplikasi untuk menggambar online gratis di PC, dan salah satunya adalah JSPaint. Alat ini memberikan pengalaman yang serupa dengan versi klasik Microsoft Paint yang dulu. Dengan platform ini, pengguna dapat menggambar dan mengedit gambar langsung di browser.

Meskipun JSPaint lebih sederhana dibandingkan dengan platform lain yang akan kami bahas, ia menawarkan beberapa fitur yang mudah digunakan, cocok untuk pemula atau mereka yang ingin mencari halaman web terbaik untuk belajar menggambar.

Salah satu keunggulan utama JSPaint adalah antarmukunya yang mirip dengan Microsoft Paint. Ini membuat pengguna merasa akrab saat menggunakan alat ini dan dengan cepat dapat mulai membuat dan mengedit gambar mereka.

2. ¬°Corre

¬°Corre merupakan permainan online yang dikembangkan oleh Google sebagai bagian dari proyek AutoDraw, yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengenali gambar yang dibuat oleh pengguna. Permainan ini sangat seru dengan tujuan menggambar serangkaian objek dalam batas waktu tertentu, sementara kecerdasan buatan mencoba menebak apa yang Anda gambar.

Permainan ini menjadi ujian bagi kemampuan Anda dalam menggambar dengan cepat. Anda akan diberikan daftar kata atau frasa yang harus digambar, dengan waktu 20 detik untuk menggambar setiap elemen. Saat Anda menggambar, kecerdasan buatan akan membuat beberapa tebakan berdasarkan apa yang dikenali dari goresan Anda.

Selain sebagai hiburan yang menyenangkan, permainan ini juga memiliki tujuan pendidikan dan penelitian. Data yang dikumpulkan selama permainan ini membantu melatih dan meningkatkan algoritma kecerdasan buatan dalam menggambar dan pengenalan pola di platform Google.

3. Google Canvas

Google Canvas merupakan web untuk menggambar secara online gratis yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi ilustrasi dan gambar. Platform ini dirancang dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan, serta memenuhi kebutuhan dasar dalam menggambar dan ilustrasi.

Di Google Canvas, pengguna dapat menikmati berbagai alat gambar, termasuk pilihan warna dan ketebalan kuas. Antarmuka penggunaannya sangat minimalis dan intuitif, sehingga pengguna pemula pun dapat dengan mudah mengakses alat-alat yang disediakan.

Salah satu kelebihan Google Canvas adalah kemampuan untuk menyimpan gambar yang telah dibuat langsung ke Google Drive, yang memudahkan pengelolaan dan berbagi file. Selain itu, pengguna juga dapat berbagi karya gambar mereka dengan orang lain melalui tautan atau mengirim file secara langsung melalui email.

4. SketchPad

Sketch adalah platform online yang menyediakan berbagai alat dan aplikasi untuk menggambar dan ilustrasi. Aplikasi utamanya, yaitu SketchPad, merupakan alat berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit gambar secara langsung di browser mereka.

Salah satu keunggulan utama dari platform ini adalah aksesibilitas seni dan desain digital bagi semua orang, tanpa memandang tingkat keahlian mereka. Antarmuka yang mudah digunakan dan intuitif dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna pemula hingga seniman berpengalaman, dengan menyediakan alat dan fitur gambar yang sangat berguna.

Kemudahan penggunaan antarmuka terlihat dari tata letak alat-alat, kejelasan ikon, dan sederhananya pilihan yang disediakan. Hal ini memungkinkan pengguna pemula untuk mulai menggambar dengan cepat, tanpa merasa terbebani oleh opsi dan fitur yang kompleks.

5. Aggie

Aggie merupakan salah satu aplikasi menggambar online gratis yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit ilustrasi, sketsa, dan gambar secara real-time bersama dengan orang lain. Platform ini terkenal karena kemudahan penggunaannya yang sederhana, menjadikannya pilihan yang ideal bagi mereka yang ingin bekerja sama dalam proyek-proyek.

Salah satu fitur yang membedakan Aggie adalah kemampuannya untuk mengundang orang lain untuk bergabung dalam sesi menggambar hanya dengan berbagi tautan. Hal ini memudahkan kolaborasi dan memungkinkan pengguna melihat penambahan yang dilakukan oleh peserta lain secara langsung. Pendekatan kolaboratif ini sangat berguna bagi tim yang bekerja pada proyek seni, desain, brainstorming visual, atau sketsa konseptual.

Meskipun tidak sekompleks aplikasi menggambar lainnya dalam hal fitur dan fungsi, Aggie tetap menonjol dalam hal kolaborasi secara real-time.

Baca Juga: Wah, Aplikasi Virtual Reality Ini Bisa Mengubah Hidupmu! Sudahkah Kamu Menggunakannya?

6. Autodraw

Dalam lanjutan daftar kami mengenai halaman dan aplikasi untuk menggambar online gratis di PC, kami ingin memperkenalkan AutoDraw, sebuah alat gambar yang menggunakan kecerdasan buatan dan dikembangkan oleh Google Creative Lab. Platform ini menggunakan teknik pembelajaran mesin dan pengenalan pola untuk membantu pengguna menciptakan gambar yang lebih akurat dan memiliki gaya tersendiri.

Dalam penggunaan AutoDraw, pengguna dimulai dengan membuat sketsa dasar, yang dapat berupa bentuk sederhana atau kontur. Saat pengguna menggambar, kecerdasan buatan dalam alat ini menganalisis dan membandingkan sketsa dengan basis data gambar yang dibuat oleh seniman profesional. Secara real-time, sistem ini memberikan beberapa pilihan gambar yang serupa dengan sketsa yang sedang dibuat, sehingga pengguna dapat memilih salah satunya untuk menggantikan sketsa awal mereka.

7. SumoPaint

SumoPaint merupakan platform web untuk menggambar dan mengedit gambar digital yang menyediakan beragam alat dan sumber daya bagi seniman, desainer, dan penggemar seni. SumoPaint menonjol sebagai alternatif yang terjangkau dan mudah digunakan jika dibandingkan dengan program pengeditan gambar yang lebih kompleks dan mahal, seperti Adobe Photoshop Express.

Antarmuka SumoPaint intuitif dan teratur, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menjelajahi berbagai pilihan yang tersedia. Alat-alat yang ditawarkan termasuk kuas, bentuk, filter, lapisan, mode penggabungan, dan penyesuaian warna, sehingga memungkinkan pembuatan gambar dan lukisan yang menakjubkan.

SumoPaint menyediakan versi gratis dengan fitur dasar dan versi Pro yang meliputi fitur lanjutan seperti pilihan kuas yang lebih banyak, filter tambahan, dukungan untuk lapisan, serta penghapusan iklan. Dengan berbagai pilihan ini, pengguna dapat memilih versi yang paling cocok dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

8. Pixilart

Pixilart merupakan platform dan komunitas seni daring yang mengedepankan kreasi pixel art, yaitu gaya seni yang menggunakan blok-blok kecil atau titik-titik yang disebut piksel untuk membentuk gambar digital. Dibentuk pada tahun 2012, Pixilart telah menjadi populer di kalangan seniman, penggemar, dan bahkan pengembang game karena menyediakan alat yang mudah digunakan untuk membuat pixel art.

Tidak hanya itu, platform ini juga menyediakan fitur lapisan yang memungkinkan seniman untuk bekerja pada bagian-bagian berbeda dari sebuah gambar tanpa mengganggu bagian lainnya. Pixilart juga dilengkapi dengan palet warna yang dapat disesuaikan, sehingga pengguna dapat dengan presisi menerapkan warna pada desain mereka.

Salah satu aspek penting dari platform ini adalah komunitas seni yang ada di dalamnya. Pengguna dapat membuat profil, berbagi karya mereka, mengikuti seniman lain, dan bahkan berpartisipasi dalam kontes dan tantangan. Pixilart juga menyediakan galeri di mana pengguna dapat mengeksplorasi dan menikmati karya seniman lain.

9. Kleki

Kleki adalah platform digital menggambar online gratis yang menyediakan berbagai alat dan sumber daya bagi pengguna untuk membuat ilustrasi. Antarmuka sederhana dan intuitifnya menarik perhatian seniman, pelajar, dan penggemar yang mencari solusi menggambar yang mudah digunakan.

Salah satu keunggulannya adalah koleksi kuas yang dapat disesuaikan, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur karakteristik seperti ukuran, kejernihan, dan kelancaran, sehingga memberikan pengalaman melukis yang lebih profesional. Selain itu, platform ini juga menyertakan palet warna yang memudahkan dalam pemilihan dan pengaplikasian warna pada karya-karya Anda.

10. Gartic.io

Gartic.io merupakan permainan online yang menggabungkan gambar dan tebak-tebakan, di mana pemain secara bergantian menggambar kata atau frasa sementara yang lain berusaha menebak apa yang diilustrasikan. Dengan antarmuka yang mudah digunakan dan suasana yang santai, platform ini telah menjadi populer di kalangan teman, keluarga, bahkan rekan kerja sebagai cara yang menyenangkan untuk berinteraksi.

Permainan ini berbasis pada ruang obrolan, di mana para peserta dapat membuat atau bergabung dengan ruang publik atau pribadi, dengan opsi untuk menyesuaikan pengaturan seperti waktu menggambar dan jumlah putaran. Setelah dimulai, setiap pemain diberi kata atau frasa yang harus mereka gambar, sementara yang lain berusaha menebak apa yang sedang diilustrasikan. Poin diberikan kepada pemain berdasarkan kecepatan dan ketepatan tebakan mereka.

Gartic.io menyediakan berbagai alat gambar dasar, seperti kuas, penghapus, palet warna, dan pengisian, yang memungkinkan pemain untuk membuat ilustrasi dengan cepat. Keunggulan kesederhanaan alat gambar ini membuat permainan ini dapat dinikmati oleh orang dengan segala tingkatan keterampilan seni.

11. Drawing Now

Melanjutkan daftar kami tentang halaman dan aplikasi untuk menggambar online gratis di PC, ada Drawing Now. Platform online ini memiliki fokus pada pengajaran dan promosi seni dan gambar, menyediakan beragam sumber daya dan konten bagi pengguna yang ingin belajar dan meningkatkan keterampilan mereka. Drawing Now menonjol dengan pendekatannya yang edukatif, membantu baik pemula maupun seniman berpengalaman dalam memperluas pengetahuan dan teknik menggambar.

Salah satu aspek yang paling populer dari platform ini adalah tutorial menggambar. Tutorial-tutorial ini mencakup berbagai topik, mulai dari gambar dasar seperti bentuk dan garis, hingga topik yang lebih lanjut seperti perspektif, shading, dan desain karakter. Tutorial-tutorial ini disajikan dengan jelas dan mendidik, sehingga memudahkan pengguna dalam belajar.

Selain tutorial, Drawing Now juga menyediakan galeri seni di mana anggota dapat berbagi dan menikmati karya orang lain. Galeri-galeri ini mendorong interaksi antara para seniman dan mempromosikan pertukaran ide.

12. Dragoart

Dragoart merupakan sebuah situs web yang populer dalam bidang seni dan gambar, menyajikan berbagai tutorial dan sumber daya bagi seniman dari segala tingkatan. Situs ini dibuat oleh Dawn, seorang seniman berbakat dan bersemangat yang ingin membagikan pengetahuannya kepada semua orang.

Salah satu daya tarik utama dari Dragoart adalah koleksi tutorial langkah demi langkah yang luas, mencakup berbagai gaya dan topik gambar. Tutorial-tutorial ini didesain untuk mudah diikuti dan meliputi berbagai tema, mulai dari karakter kartun hingga hewan realistis dan potret manusia.

Selain tutorial menggambar, Dragoart juga menyediakan sumber daya tambahan yang membantu seniman mengasah keterampilan dan memperluas pengetahuan tentang seni. Sumber daya ini termasuk panduan mengenai teknik menggambar, bahan, dan alat yang digunakan.

Baca Juga: Terungkap! Aplikasi Hemat Baterai Terbaik yang Bikin Ponselmu Awet Seharian!

13. DeviantArt

DeviantArt adalah salah satu platform mengambar online gratis yang memungkinkan seniman dan penggemar dari seluruh dunia untuk berbagi karya mereka, menemukan karya baru, dan terhubung satu sama lain.

DeviantArt menjadi rumah bagi berbagai bentuk seni, seperti gambar, lukisan, fotografi, patung, literatur, dan seni digital. Platform ini dikenal dengan lingkungannya yang inklusif dan ramah, di mana seniman dengan segala tingkat keterampilan, gaya, dan latar belakang dapat berbagi karya mereka dan menerima umpan balik yang konstruktif. Platform ini juga mendorong eksperimen dan eksplorasi terhadap gaya dan teknik baru.

Fitur yang mencolok adalah kemampuan pengguna untuk membuat galeri pribadi untuk memamerkan karya mereka. Galeri-galeri ini dapat diatur berdasarkan tema, gaya, atau kategori lain yang dipilih oleh seniman. Selain itu, pengguna dapat saling mengikuti, sehingga mereka dapat mengikuti aktivitas terbaru dari seniman favorit mereka.

14. Krita

Krita merupakan perangkat lunak gratis yang digunakan untuk menggambar online gratis, khususnya untuk seniman konseptual, ilustrator, dan profesional lukisan digital. Dikembangkan oleh komunitas Krita, program ini dapat diakses pada berbagai platform, termasuk Windows, macOS, dan Linux. Krita telah menjadi salah satu alat seni digital yang populer dan dihormati di pasaran.

Krita menawarkan beragam fitur dan alat yang dapat memenuhi kebutuhan seniman dengan berbagai tingkat keterampilan. Salah satu fitur utamanya adalah berbagai jenis kuas yang dapat disesuaikan, mendukung penggunaan lapisan dan masker, serta menyediakan alat pemilihan dan transformasi yang lengkap. Program ini juga memungkinkan pembuatan dan pengelolaan palet warna, dan mendukung format file yang umum digunakan seperti JPEG, PNG, TIFF, dan PSD.

Selain alat lukis dan gambar, Krita juga dilengkapi dengan fitur pengeditan gambar, termasuk penyesuaian warna, filter, dan efek. Antarmuka pengguna dapat disesuaikan secara ekstensif, sehingga pengguna dapat mengatur ruang kerja sesuai dengan kebutuhan mereka.

15. Tux Paint

Tux Paint merupakan salah satu platform menggambar online gratis yang ditujukan khusus untuk anak-anak usia hingga 12 tahun. Perangkat lunak ini didesain dengan tujuan untuk memberikan pengalaman yang mudah, menyenangkan, dan edukatif, sehingga memperkenalkan dunia seni digital dengan cara yang ramah bagi seniman muda.

Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh Tux Paint adalah antarmuka yang bersih, dirancang dengan memperhatikan kemudahan penggunaan bagi anak-anak. Ikon dan menu yang digunakan memiliki ukuran yang besar dan warna yang cerah, mempermudah navigasi dan pemilihan alat serta opsi yang tersedia. Program ini juga dilengkapi dengan serangkaian efek suara dan visual yang membuat pengalaman pengguna yang lebih muda menjadi lebih menyenangkan dan menarik.

Tux Paint menawarkan berbagai macam alat dan fungsi yang memungkinkan anak-anak untuk mengeksplorasi kreativitas mereka serta belajar dasar-dasar menggambar dan melukis secara digital. Beberapa alat yang tersedia mencakup kuas, stempel, garis, bentuk, pengisian, dan penghapus.

Selain itu, terdapat juga fitur menarik lainnya yaitu koleksi gambar latar belakang dan stempel yang dapat digunakan untuk memperkaya hasil gambar. Elemen-elemen yang telah dirancang sebelumnya ini membantu merangsang imajinasi pengguna dan mendorong eksperimen dengan berbagai kombinasi yang berbeda.

16. Escape Motions

Dalam lanjutan daftar kami tentang halaman untuk menggambar online gratis di PC, kami ingin memperkenalkan Escape Motions. Perusahaan ini mengkhususkan diri dalam pengembangan perangkat lunak untuk seniman dan desainer, dan terkenal dengan program seni digital unik dan canggih seperti Flame Painter dan Rebelle.

Flame Painter adalah aplikasi lukisan yang didasarkan pada partikel, memungkinkan seniman menciptakan efek visual yang mengesankan dengan menggunakan kuas khusus yang menghasilkan goresan yang menyerupai nyala api. Pengguna dapat membuat desain abstrak, efek cahaya, dan tekstur yang sulit dicapai dengan program lukisan tradisional.

Sementara itu, Rebelle adalah program lukisan digital yang secara realistis mensimulasikan cat air dan cat minyak. Fitur utamanya adalah kemampuannya untuk mereproduksi perilaku air dan cat di atas kertas atau kanvas, sehingga memungkinkan seniman menciptakan karya seni yang terlihat seolah-olah dibuat dengan teknik tradisional.

17. Autodesk SketchBook

Autodesk SketchBook merupakan aplikasi digital untuk melukis dan menggambar yang dikembangkan oleh Autodesk, perusahaan terkemuka dalam perangkat lunak rekayasa, hiburan, dan desain 3D. Diluncurkan pada tahun 2009, SketchBook dengan cepat meraih popularitas di kalangan seniman, ilustrator, dan desainer berkat fitur-fitur unggulannya.

Aplikasi ini terkenal dengan pendekatan yang sederhana dalam melukis dan menggambar digital, memberikan pengalaman alami seperti menggunakan kertas dan pensil. Antarmuka pengguna yang minimalis memungkinkan para seniman fokus pada proses kreatif tanpa gangguan yang tidak perlu.

SketchBook menyediakan berbagai macam alat gambar dan mendukung penggunaan lapisan, memungkinkan para seniman bereksperimen dengan ide-ide yang berbeda tanpa mengubah gambar asli.

Salah satu fitur menarik adalah kompatibilitas dengan perangkat masukan yang sensitif terhadap tekanan, seperti tablet grafis dan pena optik. Hal ini memungkinkan para seniman mengontrol ketebalan dan transparansi garis berdasarkan tekanan yang diberikan, menghasilkan goresan yang lebih alami.

Baca Juga: 14 Game Offline Gratis Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan!

18. ArtRage

Untuk melengkapi daftar kami tentang halaman dan aplikasi untuk menggambar online gratis di PC, kami memperkenalkan ArtRage, sebuah aplikasi lukisan digital yang dikembangkan oleh Ambient Design. Aplikasi ini dirancang khusus untuk seniman dan ilustrator yang ingin menciptakan karya seni dengan tampilan alami menggunakan berbagai alat yang meniru bahan-bahan tradisional dalam lukisan dan gambar.

Salah satu fitur utama yang menonjol dari ArtRage adalah kemampuannya untuk mensimulasikan interaksi antara berbagai jenis cat dan permukaan. Dengan program ini, pengguna dapat mencampur warna secara realistis seolah-olah mereka sedang menggunakan cat minyak, cat air, atau akrilik. ArtRage juga menyediakan berbagai pilihan tekstur kanvas dan kertas.

Kanvas gambar mengambil ruang yang signifikan dalam tampilan aplikasi, sementara alat dan opsi tersedia melalui palet mengambang yang dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *