Konsep Modifikasi Motor Drag Terbaru Di Indonesia
Konsep Modifikasi Motor Drag Terbaru Di Indonesia

Konsep Modifikasi Motor Drag Terbaru Di Indonesia

odiablog.comKonsep Modifikasi Motor Drag Terbaru Di Indonesia ini, merupakan salah satu motor yang banyak diminati para muda mudi yang ada di indodesia.

Bagi yang ingin menekuni dunia balapan, pasti tak segan-segan melakukan modifikasi motor drag agar menjuarai berbagai velg balap drag yang sering diselenggarakan di berbagai daerah. Modifikasi motor drag gampang-gampang susah.

Harus memaksimalkan kinerja mesin agar bisa melaju dijalanan track lurus gesit. Tak jarang mesin jebol, karena salah setting dan mengakibatkan jokinya mengalami kecelakaan. Beberapa bagian motor juga harus modif agar motor lebih ringan dikendarai dan performanya semakin optimal.

Untuk merubah motor standar biasa menjadi motor drag, langkah pertama yang bisa teman-teman lakukan yaitu mengganti sasis atau merubahnya menjadi lebih ringan dan pendek. Pastikan sasis yang teman-teman gunakan memiliki bobot ringan, karena apabila terlalu berat akan berpengaruh performa nya.

Di pasaran sudah banyak penjual sasis khusus motor drag yang dijual sekitar 4 jutaan. Selain itu, tersedia juga sasis import yang berasal dari thailand dengan harga mencapai Rp. 15-34 Jutaan. Apabila dana terbatas, lebih baik tetap mempertahankan sasis bawaan motor dan melakukan pemotongan beberapa bagian agar motor jadi ringan.

Kaki-kaki motor terutama shockbreaker juga harus modif lagi agar motor drag lebih stabil saat dipacu pada kecepatan tinggi. Rata-rata motor drag menggunakan shock tabung yang bisa meredam getaran lebih baik. Tidak hanya bagian depan, anda juga harus merubahan suspensi depan dengan shockbreaker yang mendukung stang jepit racing.

Modifikasi selanjutnya adalah merubah ban yang biasanya menggunakan ban depan berukuran 50/90 dan ban belakang 60/80. Itu artinya motor drag harus menggunakan ban cacing yang otomatis harus merubah ukuran velg. Perubahan velg dan ban harus diperhitungkan secara matang agar sesuai dengan mesin motor yang di bore-up.

Inilah yang paling penting dalam modifikasi motor drag, yaitu mengoptimalkan performa mesin dengan melakukan penyetelan pada bagian noken as, karburator, piston, saher, kabel busi, gear ratio, hingga knalpot serta sistem pengapian. Masih banyak spare part lain untuk bore-up mesin motor drag agar bisa mengeluarkan tenaga dan torsi lebih besar.

Selanjutnya anda harus melakukan penyesuaian terhadap tubuh serta gaya berkendara joki motor drag. Setiap joki pasti memiliki postur berbeda-beda, sehingga butuh penyesuaian agar joki bisa merasa nyaman saat mengendarai motor drag. Yang perlu diperhatikan adalah bagian pegangan tangan yang bisanya menggunakan stang jepit.

Menggunakan bahan bakar yang memiliki kadar oktan tinggi, seperti bensol, pertamax plus, atau bahkan ELF racing fuel yang seliternya memiliki harga mencapai Rp. 90 ribu. Sebagai perbandingan pertamax plus memiliki kadar oktan 93 dan bensor berwarna biru serta serta hijau memiliki nilai oktan 106 dan 105.

Dan untuk ELF racing fuel memiliki kadar otan mulai dari 102 sampai 117. Jadi bisa dikatakan bahan bakar terbaik untuk motor drag adalah Elf racing blue. Sayangnya Elf racing blue sangat sulit didapatkan, sehingga rata-rata lebih memilih bensol atau pertamax plus.

Biaya Modifikasi

Selanjutnya mari kita membahas mengenai biaya modifikasi motor drag. Untuk membuat motor drag standar kita hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 4-6 Jutaan. Namun biaya bisa membengkak, apabila kita menggunakan komponen-komponen berkualitas yang menyelimuti bagian mesin, sasis, dan kaki-kaki.

Jadi jangan heran apabila banyak orang yang membangun motor drag dan menghabiskan dana hingga Rp. 20-30 jutaan, terutama motor drag kelas profesional yang mengikuti ajang kejurnas drag race.

Apabila anda ingin modifikasi motor drag dengan tidak begitu mahal, kami sarankan memakai motor matic. Pasalnya kita hanya perlu memperbesar diameter silinder serta memperpanjang langkahnya tanpa perlu mengganti gigi dan ratio transmisi yang biasanya membutuhkan biaya cukup mahal.

Sebenarnya membuat motor drag jalanan tergantung dari kelas balapan yang akan diikuti juga banyak beberapa tahap yang diperlombakan. Untuk saat ini tersedia 4 kelas yang diperlombakan di kejuaraan nasional drag bike. Nah untuk mengetahuinya silahkan simak.

Semua jenis dan konsep motor bisa dirubah menjadi motor drag. Tinggal anda yang menentukan ingin turun di kelas yang mana. Bahkan saat ini banyak anak muda yang menjadikan motor drag sebagai motor harian, namun perubahannya tidak se-ekstrim motor drag profesional.

Nah bagi teman-teman yang ingin mencoba aliran modifikasi motor drag dan bingung untuk menerapkannya, silahkan lihat beberapa foto motor drag berikut ini yang bisa menjadi referensi bagi kalian.

Berbeda dengan di indonesia, kalu diluar negeri modifikasi motor drag menggunakan moge yang memiliki kapasitas mesin sangat besar, seperti suzuki hayabusa, kawasaki ZX-14R, dan masih banyak motor custom lainnya yang menggunakan mesin di atas 1000cc, sehingga sering kali mendapatkan predikat sebagai motor drag tercepat di dunia.

Desainnya juga sangat tergolong ekstrem dan terlihat sangar layaknya sebuah jet. Andai saja motor drag di Indonesia seperti motor drag diluar negeri, tentu balapan motor drag akan terasa semakin berkelas.

Yamaha mio

Yamaha mio sering kali dijadikan sebagai motor drag, terutama yamaha mio yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator. Bore-up mesin yamaha mio karburator memang lebih mudah dibandingkan varian injeksi, sehingga lebih cocok dijadikan sebagia motor drag.

Terlebih motor ini memiliki performa mesin cukup responsif dan bobotnya sangat ringan. Beberapa modifikator juga menjadikannya sebagai motor kontes dengan mengadopsi konsep thailook yang menggunakan ban cacing, knalpot racing, dan berbagai aksesoris lainnya.

Drag ninja

Performa mesin motor kawasaki ninja RR sudah tidak perlu diragukan lagi. Motor ini menggunakan merupakan motor 2 tak terbaik yang memiliki performa mesin responsif dengan keluaran tenaga dan torsi lebih besar dibandingkan motor 4 tak berkapasitas 150cc.

Alhasil kawasaki ninja RR atau ninja 150 sering dijadikan sebagai modifikasi motor drag. Tak jarang modifikasi melakukan bore-up yang membuat kapasitas mesin motor 2 tak ini mencapai 300cc.

Modifikasi vixion

Sebenarnya yamaha vixion kurang cocok untuk mengikuti balapan drag race. Oleh karena itulah rata-rata modifikasi motor drag yamaha vixion lebih ditunjukan untuk mengikuti ajang modifikasi motor custom. kalian pasti sering melihat motor ini dimodifikasi menggunakan ban cacing dan menggunakan stang jepit layaknya motor drag.

Drag vario

Modifikasi motor drag selanjutnya adalah honda vario. Sama halnya dengan yamaha vixion, modifikasi motor ini lebih cocok untuk mengikuti kontes modifikasi dibandingkan drag race. Namun bagi modifikator profesional, tentu mampu mengoptimalkan performa mesin honda vario agar bisa terjun diajang balapan drag race.

Konsep Modifikasi Motor Drag Terkeren Di Indonesia

Konsep Modifikasi Motor Drag Terkeren Di Indonesia

Terutama untuk beberapa varian konsep lawas yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator, karena lebih mudah di bore-up agar performa mesinnya semakin bertambah cepat dan stabil saat dijalanan.

Drag thailand

Dunia modifikasi tanah air memang condong ke thailand. Oleh karena itulah gaya modifikasi thailook sangat populer di indonesia. Begitu pula dengan modifikasi motor drag di indonesia yang hampir sama dengan di thailand. Sebenarnya modifikasi motor drag thailand lebih cocok untuk mengikuti drag race.

Karena motor dibuat trondol dengan posisi berkendara lebih menunduk dibandingkan motor standar. Tak lupa knalpot racing digunakan untuk memaksimalkan sistem pembuangan dan membuat tenaga mesin semakin bertambah. Semua bodi juga dilepas dan hanya menyisakan rangka serta mesin sehingga tampilan jadi lebih kren.

Baca juga : Kumpulan Video 45.76 33.4 164.68.l27.15 Link 185.62 l53 200 Link 45.76.33.x 44 Bokeh

Drag satria fu

Motor bebek suzuki satria fu juga cocok untuk mengikuti ajang drag race. Walaupun motor ini cukup mahal, namun selama ini satria fu memang dikenal sebagai motor bebek yang memiliki performa mesin powerfull, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai motor balap.

Tidak hanya itu, satria fu juga bisa dijadikan sebagai motor kontes dengan mengadopsi gaya thailook yang menggunakan ban cacing dan beberapa aksesoris tambahan agar desainnya terlihat semakin keren.

Drag rx-king

Salah satu kelebihan motor 2 tak adalah memiliki performa mesin lebih responsif dan mampu mengeluarkan tenaga serta torsi lebih besar dibandingkan motor 4 tak. Nah salah satu motor 2 tak terbaik yang ada di pasaran yaitu yamaha rx-king.

Sama seperti ninja RR, motor ini sering dijadikan sebagai motor balap drag. Modifikasi motor drag rx-king juga sangat mudah, karena mesinnya mudah dioprek dan di bore-up dengan mengganti beberapa bagian menggunakan produk aftermarket.

Drag beat

Sebagai motor terlaris di indonesia, tentu pemilih honda beat tidak hanya orang tua saja. Banyak sekali kalangan anak muda yang menggunakan honda beat dan memodifikasinya menjadi motor drag. Tidak hanya untuk kontes, motor matic bermesin 110cc ini juga bisa digunakan untuk mengikuti ajang drag race.

Namun kita harus melakukan perubahan besar-besaran agar performa mesinnya semakin optimal. Apabila untuk kontes, maka masbro hanya tinggal mengganti ban bawaan dengan ban cacing, mengganti shockbreaker, dan membalutnya dengan decals atau airbrush.

Masih banyak tipe dan jenis motor lainnya yang bisa kalian rubah menjadi motor drag untuk mengikuti ajang balapan drag race atau hanya sekedar mengikuti kontes modifikasi. Menjadi joki motor drag tentu bukan hal yang mudah. Butuh latihan yang rutin, skill, dan mental yang terasah untuk menjadi joki motor drag yang handal.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan kepada kalian terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan ikuti terus info menarik selanjutnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.