manfaat buah plum untuk kesehatan

Kamu Wajib Tahu! Inilah 4 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Agar Tetap Bugar!

Manfaat buah Plum untuk kesehatan. Ada lebih dari 200 varietas Prune atau plum yang dapat diklasifikasikan berdasarkan warna kulitnya, yaitu kuning, merah, hitam, dan hijau. Kamu memiliki varietas favoritmu sendiri? Nah, di postingan ini kami akan memperkenalkan semua hal yang perlu kamu ketahui tentang buah ini. Mulai dari kapan waktu yang tepat untuk menemukannya, perbedaan antara varietas yang berbeda, hingga sifat dan manfaat buah plum untuk kesehatan yang perlu diketahui. Yuk, simak informasinya!

Pada Bulan Apa Kita Dapat Menemukan Buah Plum?

Plum adalah buah musim yang dapat kita temukan mulai dari awal Juli hingga akhir September, meskipun ada beberapa varietas yang dapat dipanen juga pada bulan Mei. Melalui aroma harumnya yang lezat, kita dapat mengetahui kapan plum sudah matang dan lebih enak serta manis untuk dimakan.

Jenis dan Varietas Plum

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis plum yang diklasifikasikan berdasarkan warnanya:

  1. Plum kuning: rasanya asam dan memiliki banyak jus.
  2. Plum merah: sangat juicy dan memiliki rasa yang lebih manis dari jenis plum sebelumnya.
  3. Plum hitam: kulitnya tipis dan rasanya sangat manis.
  4. Plum hijau: dagingnya tipis dan juicy serta memiliki rasa yang lezat.

Di dalam setiap kelompok ini, terdapat berbagai macam varietas. Salah satu varietas yang paling terkenal adalah Claudia. Apakah kamu pernah mendengarnya? Plum hijau kecil dan berdaging ini terkenal karena rasanya yang lezat dan manis. Tapi, pernahkah kamu bertanya-tanya asal-usul namanya? Kami akan memberitahumu! Varian ini diberi nama Claudia untuk menghormati Ratu Claudia, istri pertama dari Raja Francis I dari Prancis, karena dia sangat menyukai jenis plum ini. Awalnya, varietas plum ini disebut Ratu Claudia, hingga sekarang dikenal hanya sebagai Claudia.

Manfaat Buah Plum

Ada beberapa manfaat buah Plum untuk kesehatan tubuh. Sebagaimana halnya pada kebanyakan buah-buahan musim panas lainnya, buah plum mengandung air yang sangat banyak, sehingga kandungan kalorinya relatif rendah. Selain itu, buah plum juga mengandung beberapa nutrisi penting, diantaranya:

1. Sumber provitamin A

Manfaat buah plum untuk kesehatan yang pertama yaitu memiliki kandungan provitamin A. Buah plum kaya akan provitamin A yang berperan penting sebagai sumber vitamin A untuk tubuh kita. Varietas plum yang lebih gelap mengandung lebih banyak provitamin A daripada varietas lainnya.

2. Sumber vitamin C

Buah plum juga mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan yang membantu melambatkan proses penuaan sel-sel tubuh kita.

3. Tinggi kandungan kalium dan kalsium

Kalium yang terdapat pada buah plum sangat penting untuk fungsi sistem saraf yang tepat, sedangkan kalsium membantu menjaga tulang dan gigi tetap sehat.

4. Antioksidan

Kulit buah plum mengandung antosianin yang memiliki sifat antioksidan. Oleh karena itu, buah plum sangat baik untuk tubuh kita karena dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

Mengapa Plum Bersifat Pencahar?

Salah satu manfaat buah plum untuk kesehatan yang terkenal yaitu sebagai buah yang membantu melancarkan pencernaan. Ada beberapa alasan mengapa plum dapat bertindak sebagai pencahar, di antaranya:

  1. Mengandung sorbitol: Plum mengandung jenis gula yang disebut sorbitol. Sorbitol memiliki sifat pencahar dan dapat membantu meringankan sembelit.
  2. Mengandung serat: Plum juga kaya akan serat, yang membantu menjaga kesehatan usus dan mengatur gerakan usus. Serat juga dapat membantu memelihara keseimbangan mikroba di usus.

Baca Juga: Berikut Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Perlu diingat bahwa satu porsi plum sekitar 3-4 buah ukuran kecil atau 2 buah ukuran sedang. Jadi, jika Anda mengalami sembelit atau ingin menjaga kesehatan pencernaan, cobalah menambahkan plum dalam konsumsi sehari-hari Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *