Ingin Sunmori Aman? Yuk Cek Disini
Ingin Sunmori Aman? Yuk Cek Disini

Ingin Sunmori Aman? Yuk Cek Disini

Odiablog.Com – Sunmori atau sunday morning ride adalah salah satu kegiatan yang hits dan diminati oleh para pecinta sepeda motor. Sesuai dengan namanya, sunmori biasanya dilakukan pada hari Minggu pagi diikuti oleh sejumlah pengendara untuk berkeliling ke daerah-daerah yang ditunjuk, biasanya yang paling dekat dengan tempat-tempat wisata yang jauh.

Terlihat menyenangkan, ya, sobat? Dibalik keseruan sunmori, namun ada juga banyak orang yang mengabaikan peraturan lalu lintas yang berlaku, bahkan ada yang tidak mengikuti aturan tata cara mengemudi yang baik dan benar. Akibatnya, tidak jarang terjadi masalah saat berkendara di jalan.

Teman tidak ingin itu terjadi, bukan? Untuk itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum melakukan sunmori dengan kerabat terdekat Anda. Nah, ada beberapa tips aman untuk mencegah kecelakaan selama sunmori, kami mengacu pada penjelasan berikut, Ayo pergi!

Tips aman untuk mencegah kecelakaan selama Sunmori

Berikut adalah beberapa tips aman yang dapat Anda lakukan ketika sunmori untuk mencegah kecelakaan, termasuk:

Pikirkan titik tumpul

Saat melakukan sunmori, Anda harus mencari area yang luas dan cocok untuk parkir sepeda motor. Hindari parkir sepeda motor di sisi jalan, karena akan mengganggu pengendara lain dan menyebabkan jalan menjadi macet.

Kemudian, pastikan untuk menyesuaikan jumlah peserta sunmori, hindari terlalu banyak peserta karena dapat menyebabkan keramaian. Usahakan juga untuk selalu mengikuti protokol kesehatan, Ya!

Persiapan Mental

Sebelum mengemudi, pengendara harus menentukan jalur sunmori. Pengemudi juga disarankan untuk saling mengenal agar dapat mengenali dan membantu ketika sesuatu terjadi di jalan.

Kemudian, lakukan safety brief sebelum berkendara terkait dengan rute yang ada agar pengendara lebih siap secara mental dalam perjalanan. Pengendara Sunmori juga diharuskan memakai peralatan keselamatan, seperti helm, sepatu, jaket, sarung tangan, dan sebagainya.

Peralatan keselamatan tidak hanya berlaku untuk pengendara, teman, tetapi juga berlaku untuk penumpang. Juga pastikan untuk menjaga kecepatan dan jarak yang aman dari sesama pengendara sunmori dan pengendara lain di jalan.

Hindari Ugal-Ugalan

Ketika sunmori, teman-teman dan pengendara lain diwajibkan untuk menghindari tidak pengertian di jalanan, ya. Pastikan untuk menghindari perilaku tidak aman lainnya, seperti bermain gas yang mengganggu pengendara lain, zig-zag berkuda, bermain ponsel, merokok, dan sebagainya.

Jika Anda menggunakan kamera aksi saat sunmori, pastikan komponen terpasang dengan baik dan kuat, serta tidak mengganggu aktivitas saat berkendara di jalan. Selain itu, pastikan pengendara membawa kertas kendaraan dan mematuhi rambu dan aturan lalu lintas.

Pastikan kondisi motor dengan baik

Satu hal yang tidak kalah penting, adalah memastikan kondisi motor teman berfungsi dengan baik dan layak digunakan untuk sunmori. Tips ini sering tidak diperhatikan oleh beberapa pengendara karena mereka terlalu bersemangat untuk mengikuti sunmori. Akibatnya, mungkin ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di tengah jalan.

Teman tidak ingin itu terjadi, bukan? Untuk itu, pastikan motor yang digunakan masih layak digunakan. Jadi, apa saja hal-hal yang harus dipastikan bahwa motor masih layak digunakan untuk sunmori? Kami membaca ulasan lengkapnya di bawah ini, yup!

Bagaimana Cara Memastikan Motor Cocok Untuk Digunakan?

Ada banyak jenis sepeda motor yang bisa anda gunakan untuk sunmori. Apapun jenisnya, teman-teman tetap perlu memastikan motornya tetap layak digunakan, apalagi jika sunmori yang dilakukan memiliki rute yang panjang.

Sebab, banyak orang yang kurang peduli dengan kelayakan sepeda motor yang digunakan. Jika ini dialami oleh teman-teman, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan beberapa hal penting untuk memastikan bahwa motor cocok untuk digunakan, termasuk:

Sesuai dengan peraturan Kepolisian

Jika teman-teman termasuk di antara mereka yang suka memodifikasi motor untuk sunmori, harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah motor yang dimodifikasi sesuai dengan peraturan polisi atau tidak?

Anda tidak boleh memodifikasi motor dengan cara yang ekstrem. Artinya, Anda perlu menghindari modifikasi motor yang mengubah dimensi Rangka atau bodi, serta mesin. Alangkah baiknya jika teman-teman hanya memodifikasi lampu sepeda-cahaya, ya!

Lakukan perawatan motor secara teratur

Tidak kalah pentingnya untuk memastikan bahwa sepeda motor teman layak digunakan, yaitu melakukan perawatannya secara teratur dan teratur. Gunakan waktu luang anda untuk service motor, tidak perlu terlalu sering ya, cukup dengan 3 bulan.

Service motor ini tidak butuh waktu lama banget, sobat, tidak perlu menunggu berjam-jam, jadi pastikan untuk selalu merawat motor meski tidak digunakan untuk sunmori, ya!

Nah, perawatan sepeda motor juga harus dilakukan di bengkel resmi nih, sobat. Sebab, perawatan atau servis di bengkel resmi tentu akan lebih aman dan terjamin, baik dari segi suku cadang maupun staff yang sudah memiliki SOP di tempat kerja. Selain itu, bengkel resmi juga harus memiliki berbagai peralatan yang sangat memadai dan pas untuk servis sepeda motor.

Periksa sesaat sebelum memakai motor

Selain perawatan rutin motor di bengkel resmi, teman-teman juga perlu memeriksa kondisi motor sesaat sebelum digunakan, lho. Sebab, banyak orang yang meremehkan kondisi kendaraan, seperti tekanan ban, rem, lampu (sein, lampu depan, dan lampu belakang), serta komponen lainnya. Meskipun kedengarannya sepele, hal-hal sederhana ini dapat membantu mencegah kecelakaan atau kondisi yang tidak diinginkan saat berada di jalan.

Dengan tiga cara di atas, Anda bisa memastikan motor yang digunakan sunmori layak jalan atau tidak. Cukup sederhana kan? Namun, jika sepeda motor yang Anda gunakan di bawah standar kelayakan, Anda harus menggantinya dengan motor yang spesifikasinya lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.