Berikut Tips Mengisi Informasi Pajak Google AdSense Agar Memperoleh Potongan Pajak 0%
Berikut Tips Mengisi Informasi Pajak Google AdSense Agar Memperoleh Potongan Pajak 0%

Berikut Tips Mengisi Informasi Pajak Google AdSense Agar Memperoleh Potongan Pajak 0%

Odiablog.ComBerikut Tips Mengisi Informasi Pajak Google AdSense Agar Memperoleh Potongan Pajak 0%. Salah satu dampak dari pengembangan kebijakan bisnis, Google kini telah memperbarui kebijakan layanannya.

Dampak dari kebijakan ini akan dirasakan oleh semua Afiliasi Google di seluruh dunia termasuk Indonesia. Mereka yang telah mendapatkan penghasilan dari bekerja dengan Google akan merasakan dampaknya.

Sekarang Google telah membuat permintaan informasi pajak untuk pengguna layanan Google AdSense. Semua penayang wajib mengisi formulir informasi pajak yang disediakan oleh Google.

Bagi mereka yang telah bekerja dengan Google AdSense dan telah memperoleh pembayaran pendapatan, mereka harus memberikan informasi pajak.

Apapun bentuk bentuk kerjasama ini seperti penyediaan video siaran dan layanan iklan, maka harus mengisi informasi pajak yang telah disediakan oleh Google format. Harap dicatat, jika pengguna tidak mengisi informasi pajak ini, maka Google akan menunda pembayaran penghasilannya.

Baca Juga:

Siapa Yang Diharuskan Mengisi “Informasi Pajak” Ini

Google akan mulai memotong pajak penghasilan AdSense mulai Juni 2021. Pengurangan ini diterapkan untuk setiap pendapatan yang anda peroleh dari AS.

Untuk mengisi informasi pajak harus dilakukan selambat-lambatnya 31 Mei 2021. Jika pengguna sampai batas waktu yang ditentukan tidak mengisi informasi pajak maka asumsinya adalah bahwa anda dianggap sebagai penduduk AS.

Dengan begitu Anda akan dikenakan pemotongan pajak penghasilan hingga 24% dari total penghasilan AdSense di seluruh dunia.

Yang harus mengisi informasi pajak Google AdSense ini adalah semua penayang AdSense di seluruh dunia. Youtuber dan pemilik web atau blog keduanya diharuskan mengisi informasi pajak.

Meskipun banyak menganggap hanya pengguna Youtube, tapi saya pikir ini adalah wajib juga untuk pemilik web atau blog.

Untuk jumlah pemotongan pajak, ini tergantung pada kebijakan negara tempat Penerbit Google berdomisili.

Alasan Untuk Mengisi “Informasi Pajak” Google AdSense
Dengan mengisi informasi pajak Google AdSense, Google akan mengetahui profil publisher. Google dapat membedakan untuk menerapkan perlakuan pajak yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku di AS.

Google dapat membedakan apakah penayang menyertakan individu atau entitas bisnis. Apakah penerbit adalah Amerika atau tidak. Dan apakah penerbit termasuk warga negara yang sudah menjadi mitra Amerika atau tidak. Perlu diketahui juga bahwa Indonesia sudah menjadi negara mitra Amerika.

Dengan begitu semua informasi pajak yang telah anda isi akan berpengaruh terhadap pendapatan AdSense nantinya.

Jika Anda tidak mengisi informasi ini, Anda akan secara otomatis dianggap sebagai warga negara AS dan akan sama dengan pajak penghasilan warga negara Amerika. Oleh karena itu, mengisi informasi pajak sangat penting untuk dilakukan penerbit.

Bagi warga Indonesia akan mendapat manfaat. Warga negara Indonesia dapat memanfaatkan tarif pemotongan pajak hingga 0%. Hal ini sebagai manfaat dari perjanjian kerjasama antara Indonesia dan Amerika.

Sehingga Google mengetahui bahwa publisher tersebut adalah orang Indonesia dan dapat menggunakan fasilitas diskon 0% yaitu dengan mengisi informasi pajak.

Dalam mengisi formulir informasi pajak, ada dua jenis Formulir : W-8BEN dan W-8eci. Formulir W-8BEN digunakan untuk warga negara non-AS, sedangkan Formulir W-8eci untuk entitas/entitas.

Tutorial Cara Mengisi Informasi Pajak Google AdSense
Disarankan bahwa sebelum anda mengisi informasi pajak ini Anda harus memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Untuk membuat NPWP, anda tidak perlu pergi ke Kantor Pajak.

Saat ini, membuat tin dapat dilakukan secara online dan dapat diselesaikan hanya dalam beberapa menit. Untuk membuat NPWP ONLINE silahkan mengakses link ereg.pajak.go.id/daftar.

Setelah Anda mendapatkan ID pajak Anda, lanjutkan untuk mengisi informasi pajak Google AdSense. Silakan masuk ke akun AdSense Anda dan klik Pembayaran atau langsung klik Pemberitahuan Kelola Info Pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.