Berikut Jenis dan Fungsi Tinta Printer yang Paling Sering Digunakan
Berikut Jenis dan Fungsi Tinta Printer yang Paling Sering Digunakan

Berikut Jenis dan Fungsi Tinta Printer yang Paling Sering Digunakan

Odiablog.comBerikut Jenis dan Fungsi Tinta Printer yang Paling Sering Digunakan. Bagi anda yang berada di bisnis percetakan, sangat penting untuk mengetahui jenis dan fungsi tinta printer.

Karena banyaknya jenis tinta yang beredar di pasaran, tentunya memiliki fungsi masing-masing. Memilih tinta yang salah akan menghasilkan kualitas cetak yang tidak maksimal.

Kemudian masing-masing tinta printer ini memiliki kelebihan serta kekurangan. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membeli tinta baru, silakan lihat artikel ini terlebih dahulu sampai selesai.

Dalam bisnis percetakan, printer adalah perangkat yang paling penting. Sebaik apapun desain kita bekerja jika hasil cetak tidak optimal maka bisa mengurangi kepercayaan konsumen pada kita. Kecuali desain tidak untuk keperluan cetak, misalnya, konsumen hanya perlu bentuk file.

Selain tepat dalam memilih printer, juga harus tepat dalam memilih tinta. Printer yang bagus dan mahal tidak serta merta juga menghasilkan cetakan yang berkualitas.

Baca Juga:

Karena penggunaan printer sangat dipengaruhi oleh tinta yang kita gunakan. Memilih tinta yang tepat dapat meningkatkan kualitas cetak dan juga dapat menjaga kinerja dan daya tahan printer.

Jenis dan fungsi tinta Printer untuk berbagai keperluan pencetakan

Jumlah jenis dokumen sehingga penting untuk memahami juga jenis tinta yang cocok kita gunakan untuk mencetak dokumen.

Dokumen Diploma tentu saja berbeda dari dokumen korespondensi biasa. Kami tidak dapat menggunakan jenis tinta khusus untuk huruf biasa dan kemudian kami menggunakannya untuk mencetak Ijazah.

Karena pada umumnya jenis tinta untuk huruf biasa tidak memiliki daya tahan yang lama. Ini harus sesuai dengan fungsi ijazah yang kita gunakan untuk jangka waktu yang panjang maka jenis tinta juga harus menggunakan tinta yang benar-benar kuat dalam berbagai kondisi.

Kemudian sebaliknya tinta khusus untuk mencetak ijazah tidak cocok Kami juga gunakan untuk mencetak korespondensi biasa. Meskipun kita bisa melakukan ini, tapi tentu saja ini termasuk limbah.

Lantas apa saja jenis dan fungsi masing-masing tinta printer?

  1. Tinta Printer Pigmen

Tinta Pigment adalah tinta berkualitas tinggi yang Formula tinta terdiri dari air (H2O), Pewarna Pigmen, pengencer, serta bahan lainnya. Cetak dari tinta pigmen lebih terkonsentrasi, tajam, tahan lama, dan tahan air.

Tinta printer pigmen tidak mudah larut oleh air karena jenis tinta pigmen berbasis minyak. Tidak heran jika kualitas pigmen tinta cetak memiliki daya tahan yang lama meskipun hasil cetak sering terkena sinar matahari.

Tinta printer pigment jenis ini dapat digunakan untuk kebutuhan pencetakan pada semua jenis kertas seperti: HVS, kertas foto, PVC ID Card, Art Paper, dan sebagainya.

Harga tinta pigmen biasanya cukup mahal sebanding dengan harga tinta asli. Untuk itu sebaiknya Anda gunakan dengan bijak seperti untuk mencetak ijazah, akta kelahiran, akta tanah, dan dokumen penting lainnya.

Kerugian dari tinta pigmen adalah berbahan dasar minyak, jadi jika printer tidak digunakan dalam waktu lama, tinta akan mengendap dan kemudian mengering di kepala nosel.

Untuk menghindari hal ini terjadi, Anda meskipun Anda secara teratur menggunakan printer maksimal setiap tiga hari. Atau setidaknya setiap hari printer dihidupkan bahkan jika printer Anda tidak menggunakan.

  1. Kertas Seni Printer Tinta

Tinta Art Paper adalah tinta yang mengandung 50% air dan 50% minyak. Karena kandungan tinta ini terdiri dari minyak, maka tidak mengherankan jika hasil cetak bisa menempel kuat dan tidak mudah luntur.

Tinta kertas seni dapat mencetak dengan kualitas tinggi dan tersedia dalam pilihan warna CMYK. Warna cetak tinta jenis ini akan terlihat lebih cerah, cepat kering, tajam, persis sama dengan tampilan desain pada komputer, dan yang terpenting tidak mudah luntur meski sering terpapar sinar matahari.

Tinta art paper jenis ini sangat cocok untuk anda yang menekuni bisnis percetakan, seperti: cetak foto, Cetak Undangan, Cetak Kalender, Cetak ID card, dan desain grafis lainnya. Anda juga dapat menggunakan tinta ini untuk mencetak pada kertas PVC dan bahan karton seni.

Seperti tinta Pigmen, Tinta art Paper juga memiliki kelemahan print head yang cepat tersumbat jika printer tidak kita gunakan dalam waktu yang lama. Untuk perawatan, kita harus menggunakan printer secara teratur sebagai tips pada tinta pigmen di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.