Berikut Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak
Berikut Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Berikut Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

odiablog.comBerikut Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak. Seringkali anak-anak mengalami hidung tersumbat yang disebabkan oleh pilek. Hidung tersumbat tidak hanya dialami oleh orang dewasa.

Namun, anak-anak juga sering mengalaminya. Sebagian besar waktu di malam hari Anda merasakan hidung tersumbat. Ini sangat mengganggu kenyamanan tidur dan aktivitas lain seperti bermain untuk anak.

Selain merasa tidak nyaman, hidung tersumbat akan membuat anak sulit bernapas. Karena hidung sering mengeluarkan ingus dan kering sehingga tersumbat di dalam.

Hidung juga akan memerah karena sering digosok untuk mengeluarkan ingus. Ada berbagai cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak, antara lain:

  1. Mandikan Anak Dengan Air Hangat

Hidung tersumbat pada anak-anak sangat tidak nyaman. Kemudian anda bisa melakukan memandikan anak dengan air hangat untuk mengatasi hidung tersumbat.

Dengan dimandikan menggunakan air hangat, uap panas akan melewati rongga hidung dan paru-paru. Sehingga uap panas dari air hangat ini bisa mengeluarkan lendir di hidung. Mandi dengan air hangat, ya.

  1. Kompres Dengan Air Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak selanjutnya juga bisa dengan mengompresi dengan air hangat. Anda menyiapkan handuk bersih yang tidak terlalu besar.

Kemudian rendam dalam air hangat lalu peras handuk hingga lembab. Jika sudah maka letakkan handuk di wajah anak dan jangan terlalu lama karena bisa menyebabkan anak kehabisan nafas.

Anda melakukannya berkali-kali sampai anak merasa bebas dari kemacetan. Jangan gunakan handuk basah, ya. Tidak membuat hidung tersumbat hilang tetapi sebaliknya Anda bisa mendapatkan penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri pada handuk basah. Kemudian ikuti instruksi.

  1. Gunakan Minyak Kayu Putih

Mengoleskan minyak kayu putih di sekitar hidung juga bisa menangkal hidung tersumbat. Jika hidung terasa tersumbat dan Anda menghirup aroma pedas-pedas maka bisa menyembuhkan.

Ini juga akan menghangatkan tubuh Anda yang dapat menyeimbangkan suhu dalam tubuh Anda. Eucalyptus juga sangat mudah ditemukan.

Hampir setiap toko memilikinya. Sehingga sangat mudah bagi anda untuk melakukan perawatan ini untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak.

  1. Konsumsi Jahe

Mengonsumsi air jahe juga bisa menghilangkan hidung tersumbat lho. Selain menyembuhkan asam urat, jahe juga bisa mengatasi hidung tersumbat. Jahe dipercaya memiliki banyak manfaat, ya.

Caranya sangat mudah menjadikan jahe sebagai obat mengatasi hidung tersumbat. Anda mempersiapkan jahe dan kemudian iris jahe. Kemudian rebus jahe dengan air secukupnya hingga matang.

Anda bisa menambahkan gula atau madu saat mendidih. Setelah itu Anda minum air, Ya. Dengan menambahkan madu yang sangat baik untuk kesehatan pasti akan mempercepat proses penyembuhan.

  1. Posisi Kepala Pendukung

Anak-anak yang mengalami hidung tersumbat pasti akan merasakan ketidaknyamanan yang luar biasa saat tidur. Untuk itu Anda bisa melakukan mengangkat kepala dengan menopangnya dengan bantal tambahan.

Sehingga lendir yang tersumbat di hidung akan keluar dengan sendirinya. Hal ini juga dapat membuat anda nyaman untuk tidur dalam posisi itu.

  1. Pijat Hidung

Anda juga bisa memijat hidung agar hidung tidak tersumbat lagi. Caranya adalah dengan meletakkan kedua pengindeks di bagian atas hidung.

Kemudian dengan lembut gosokkan ke bagian bawah mata, di belakang telinga dan leher. Ulangi pijatan 3 kali sampai hidung terasa tidak lagi tersumbat, ya.

  1. Semprot Saline

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang praktis yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan larutan garam.

Anda cukup menyemprotkan larutan garam ke hidung, Anda tahu. larutan garam ini dapat membantu mengencerkan lendir dan meredakan hidung tersumbat pada anak-anak.

Untuk mendapatkan solusi ini juga cukup mudah. Di berbagai apotek, ada banyak yang menyediakannya. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkannya karena tidak sulit, ya. Saline solusi yang sangat cepat untuk membantu menghilang hidung tersumbat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *