10 Aplikasi Pengubah Ukuran Foto Di Laptop Yang Harus Kamu Coba
Ilustrasi Aplikasi Pengubah Ukuran Foto.(Pixabay/ACD)

10 Aplikasi Pengubah Ukuran Foto Di Laptop Yang Harus Kamu Coba

Aplikasi Pengubah Ukuran Foto – Perlu aplikasi untuk memperkecil ukuran foto di laptop Anda? Cukup unduh dan instal perangkat lunak di bawah ini. Selain menyediakan banyak fitur tambahan, software ini juga mudah digunakan. Beberapa bahkan memiliki antarmuka yang ramah untuk pengguna biasa.

Pastikan perangkat Anda mendukung penginstalan sebelum mengunduh. Informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi teknis, fungsi dan manfaat aplikasi dijelaskan pada uraian berikut.

Aplikasi Pengubah Ukuran Foto Di Laptop

Teknologi Era digital telah membuat hidup lebih mudah. Cukup kecilkan ukuran foto, sekarang Anda tidak perlu masuk ke editor. Instal saja aplikasinya sendiri, tekan sebentar, selesai.

Meski hadirnya fitur edit foto online, banyak yang meragukan keamanan file tersebut. Dengan aplikasi yang dapat diunduh, Anda tidak perlu mengunggah foto untuk diubah ukurannya. Dengan cara ini, file tetap berada di laptop dan jauh lebih aman.

Aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran foto? Berikut beberapa daftarnya.

1. JPEG mini

Aplikasi pertama untuk mengubah ukuran gambar di laptop adalah JPEGmini. Aplikasi ini memiliki tampilan yang modern dan interaktif. Selain itu, aplikasi ini dapat membandingkan kualitas visual foto sebelum dan sesudah diubah ukurannya.

Keuntungan lainnya adalah Anda dapat mengompres lebih dari satu gambar sekaligus. Cukup seret dan lepas gambar dan biarkan aplikasi bekerja.

2. Varie Drop

Jika Anda membutuhkan aplikasi untuk memperkecil ukuran foto di laptop mini, Anda bisa menggunakan Varie Drop. Menggunakannya untuk kompresi juga mudah, antarmukanya sederhana sehingga tidak membingungkan Anda.

Jendela kompresi foto, seperti yang ditunjukkan pada gambar, dibagi menjadi empat bagian. Jadi, yang harus Anda lakukan hanyalah drag and drop sesuai dengan jenis gambar yang Anda inginkan. Plus lagi, ada opsi hover-on-top yang memungkinkan aplikasi selalu berada di atas dan tidak tumpang tindih dengan jendela lain.

3. Voralent Antelope

Aplikasi Voralent Antelope menyediakan fungsi kompresi untuk semua jenis format gambar. Dimulai dengan JPG dan JPEG, PNG dan diakhiri dengan GIF, yaitu gambar bergerak. Seperti yang ditunjukkan pada ilustrasi di atas, aplikasi ini menyederhanakan pekerjaan Anda karena dapat digunakan untuk banyak gambar sekaligus.

Kelebihan lainnya, terdapat fungsi untuk menghapus metadata gambar. Dengan demikian, ukuran gambar hasil kompresi akan lebih kecil.

4. Penampil Gambar FastStone

Pada dasarnya, aplikasi ini adalah alat penampil foto. Namun pengembang juga menyertakan fitur tambahan yaitu kemampuan untuk mengkompres ukuran foto ke ukuran yang lebih kecil, yang disebut “konversi batch”.

Menggunakannya mudah, cukup tekan “F3” pada keyboard Anda atau pilih opsi “alat”. Kemudian pilih Batch Convert Selected Images. Aplikasi ini dapat bekerja dengan berbagai jenis gambar, termasuk format JPG, PNG, GIF, JPEG 2000, TIF, bahkan RAW.

5. RIOT

Rekomendasi aplikasi untuk memperkecil ukuran foto di laptop berikutnya adalah RIOT. Nama itu sendiri berarti alat pengoptimalan gambar yang radikal. Mirip dengan JPEGmini, Anda juga bisa langsung melihat perbandingan kualitas gambar setelah menyesuaikan ukurannya.

Alat ini dapat digunakan untuk mengompres berbagai format gambar. Mulai dari JPEG, PNG, hingga GIF. Diklaim tidak ada kompresi yang dilakukan untuk kualitas gambar, sehingga gambar tetap tajam meski ukurannya lebih kecil.

6. Cesium

Selain menyediakan layanan kompresi online, Cesium juga memiliki versi aplikasinya. Namun, cara penggunaannya tidak jauh berbeda. Kelebihannya adalah aplikasi tetap ringan dengan tools yang lebih lengkap.

Di Caesium, Anda dapat memperkecil ukuran beberapa gambar sekaligus. Termasuk kontrol kualitas dengan pratinjau membandingkan gambar sebelum dan sesudah diubah ukurannya.

7. FileMinimalizer Picture

Seperti namanya, fungsi utama aplikasi ini adalah memperkecil ukuran gambar. FileMinimalizer Picture juga menyediakan 4 versi kompresi yang berbeda yaitu versi Web, Standard, Low dan Custom.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menarik dan melepaskan semua gambar yang ingin diubah. Baru setelah itu, tentukan kualitasnya dan klik “Optimalkan file”. Setelah selesai tinggal tentukan lagi lokasi penyimpanannya.

8. PNGGauntlet

Rekomendasi kedelapan adalah PNGGauntlet. Aplikasi ini sebenarnya cukup ringan tapi hanya bisa gambar alias PNG. Sementara itu, Anda masih dapat mengonversi gambar ke format lain seperti JPG, GIF, TIFF, dll.

Antarmukanya cukup sederhana dengan semua tombol tersedia di viewport. Sehingga aplikasi ini user friendly, terutama bagi pengguna biasa yang hanya menggunakannya.

9. Pixlr E

Aplikasi Pixlr E secara keseluruhan dapat digunakan sebagai aplikasi edit gambar. Salah satu alatnya adalah memastikan gambar dikompresi sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Anda dapat mengubah banyak gambar sekaligus, meskipun tidak lebih dari 50 gambar.

Di Pixlr E, Anda dapat mengubah tinggi dan lebar ukuran gambar serta dimensi gambar lainnya. Aplikasi ini juga mendukung berbagai format gambar dari JPG, PNG, GIF dan beberapa lainnya.

10. Photo Marks

Terakhir, Anda dapat mencoba aplikasi Photo Marks. Dengan antarmuka yang sederhana dan alat yang jelas, aplikasi ini cukup mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Fungsi termasuk pemotongan gambar, penyesuaian piksel gambar, dll.

Aplikasi ini mendukung input dan output gambar dalam berbagai format. Termasuk versi gambar RAW, PNG, JPG, dan lainnya.

Sebagian besar aplikasi pengurangan foto laptop mendukung sistem operasi apa pun. Namun, beberapa hanya mendukung Microsoft, seperti Pixlr E. Semoga berhasil!

Sumber : Idntimes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *