cara alami mengobati kolesterol dan asam urat 2

6 Cara Alami Mengobati Kolesterol dan Asam Urat yang Wajib Kamu Ketahui!

Cara alami mengobati kolesterol dan asam urat. Asam urat dan kolesterol merupakan kandungan kimia yang diciptakan oleh tubuh pada saat mencerna senyawa organik yang dinamai sebagai purin, yang bersumber dari macam makanan dan minuman tertentu yaitu jamur, ikan teri, jeroan, bir, dan anggur. Kemudian asam urat terbentuk, ia dikeluarkan dari badan lewat berbagai cara seperti darah, ginjal, dan urine.

Namun, jika badan menciptakan terlalu banyak asam urat dan kolesterol atau kurang efektif mengeluarkannya sepenuhnya, asam urat dan kolesterol akan semakin bertambah dalam darah. Kondisi ini dikenal dengan nama hiperurisemia.

Asam urat di dalam badan akhirnya berubah menjadi kristal urat, yang mampu mengumpul di daerah jaringan lunak dan area sendi, menyebabkan rasa nyeri, peradangan, dan kondisi layaknya gout, jenis arthritis yang pada umumnya terjadi pada kaki dan jari-jari kaki besar.

Pengobatan asam urat dan kolesterol

Berbagai macam pengobatan kanker, dan kanker itu sendiri, mampu mengakibatkan hiperurisemia. Level asam urat yang tinggi bisa menunjukkan masalah kesehatan sebut saja diabetes, hipoparatiroidisme, batu ginjal, gagal ginjal, dan gangguan sumsum tulang. Jika Anda menduga Anda barang kali mengidap hiperurisemia, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis Anda untuk mengonfirmasi dan merencanakan rencana pengobatan.

Meskipun hiperurisemia tidak serius, namun situasi ini mampu menjadi penunjuk awal dari penyakit yang makin parah. Pengobatan hiperurisemia bertujuan untuk mencegah kadar asam urat dalam darah turun, baik melalui pemakaian obat-obatan maupun berubahnya gaya hidup dan diet.

Cara mengobati kolesterol dan asam urat secara alami

Berikut adalah 10 cara alami mengobati kolesterol dan asam urat:

1. Cuka apel

Cara alami mengobati kolesterol dan asam urat pertama adalah dengan cuka apel, cuka apel mempunyai kandungan dalam jumlah kecil yaitu mineral yang dibutuhkan yaitu seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan lain-lain. Cuka apel juga mengandung jumlah besar asam amino dan antioksidan.

Bahan-bahan lain yang bermanfaat adalah pektin, yang dapat mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol, serta asam malat, yang mampu mengakibatkan detoksifikasi, metabolisme, dan pencernaan yang sehat.

Bahan aktif utamanya adalah asam asetat, yang memberikan efek alkalisasi pada tubuh setelah dikonsumsi dan membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh. Asam asetat diyakini sebagai kandungan yang membuat cuka apel efektif dalam mengobati rematik, karena mampu melarutkan kristal asam urat yang menyebabkannya. Minum cuka apel dapat menanggulangi peradangan dan pembengkakan pada sendi, meredakan gejala hiperurisemia dan rematik.

Ketika memilih cuka apel, pastikan Anda memilih yang tidak dipasteurisasi, organik, dan mentah. Jenis ini lebih sehat dibandingkan dengan yang lain karena semua enzim bermanfaat dan ‘mother’ (endapan keruh yang biasanya terlihat di bagian bawah botol) belum terbuang akibat pemanasan. Campurkan satu sendok teh cuka apel ke dalam satu gelas air dan minum dua atau tiga kali sehari. Selalu campur cuka apel dengan cairan lain, karena keasamannya dapat mempengaruhi lapisan email gigi.

2. Jus lemon

Satu jeruk lemon ukuran sedang mengandung lebih dari 60 persen dari konsumsi makanan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C, serta jumlah yang sehat dari asam sitrat, vitamin B kompleks, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, serat makanan, kalium, dan fosfor. Lemon menjadi bersifat alkalisasi ketika dikonsumsi, yang membantu menetralkan asam urat. Jus lemon juga merangsang kerja hati, yang dapat lebih lanjut mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Untuk memanfaatkan jus lemon sebagai cara alami mengobati kolesterol dan asam urat, cukup peras setengah jeruk lemon dan tambahkan jusnya ke air hangat setiap pagi dan setelah makan. Untuk lebih meningkatkan alkalisasi tubuh, campur setengah sendok makan soda kue dengan dua sendok makan jus lemon dan tambahkan ke dalam segelas air. Aduk sampai larut sempurna, dan pastikan tidak ada lagi gejala berbuih atau berbusa saat Anda minum. Ramuan ini akan memulihkan keseimbangan pH tubuh dan memulai langkah mengurangi kadar racun, yang akan lebih lanjut mengurangi kadar asam urat.

3. Ceri

Ceri adalah buah berwarna merah kecil yang termasuk dalam keluarga Rosaceae, bersama dengan buah persik, aprikot, dan plum. Ada macam jenis ceri, dengan dua jenis favorit yaitu ceri manis (Prunus avium L.) dan ceri asam (Prunis cerasus L.). Diperkirakan pohon ceri berasal dari Asia dan dibawa ke Eropa oleh burung, tetapi sekarang ditanam di penjuru dunia.

Buah ini mengandung sedikit kalori dan kaya akan vitamin, mineral, serat, dan protein yang penting. Ceri adalah salah satu sumber cara alami mengobati kolesterol dan asam urat karena melatonin yang terkonsentrasi, dan kaya akan vitamin C, vitamin A, mangan, kalium, zat besi, seng, dan tembaga. Buah ceri juga mempunyai kandungan ramuan flavonoid polifenolik yang dinamai glikosida antosianin, yang diyakini memberikan efek antioksidan yang kuat.

4. Baking soda

Soda kue membantu mengatur tingkat pH, dan ketika bersentuhan dengan sesuatu yang bersifat asam atau alkali, secara alami soda kue akan menetralkan zat tersebut. Soda kue dapat digunakan untuk mencegah bau mulut, membersihkan peralatan, mengelupas kulit wajah dan tubuh, mengobati gigitan serangga, meredakan kaki yang lelah, menyegarkan spons, membersihkan microwave, mengkilapkan peralatan makan dari perak, dan termasuk cara alami engobati kolesterol dan asam urat.

Cukup larutkan setengah sendok teh soda kue dalam satu gelas air dan minum secara langsung. Minumlah hingga empat gelas setiap hari, selama tak lebih dari dua minggu. Penting untuk dicatat bahwa soda kue dapat membuat tekanan darah menjadi tinggi, jadi dilarang menggunakan obat ini jika Anda mengalami tekanan darah tinggi.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun menghasilkan berbagai macam kegunaan untuk kesehatan yaitu menekan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi, meningkatkan pencernaan yang sehat, meningkatkan daya ingat, mendukung fungsi hati yang sehat, dan bahkan melindungi otak dari penyakit Alzheimer.

Kandungannya terdiri dari beberapa asam lemak yang bermanfaat seperti omega-3, omega-6, dan asam oleat, yang merupakan lemak omega-9. Selain itu minyak ini mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral yaitu vitamin E, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium.

Untuk merasakan khasiat ini dari minyak zaitun, mulailah menggunakannya sebagai pengganti mentega dan lemak lainnya pada saat memasak. Anda juga dapat mengonsumsi 1-2 sendok makan minyak zaitun setiap hari untuk mencegah asam urat dan menangkal penumpukan lebih lanjut.

Baca Juga: 9 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami yang Terbukti Ampuh. Jangan Lewatkan!

6. Air

Air adalah cara alami mengobati kolesterol dan asam urat tinggi yang efektif karena ketika tubuh terhidrasi dengan baik, kristal asam urat tidak timbul dengan mudah. Selain itu air juga memiliki khasiat membersihkan asam urat yang sudah terkumpul dalam tubuh, mengencerkannya agar lebih mudah disaring dan dikeluarkan melalui ginjal. Meningkatkan asupan air juga dapat mengurangi kondisi yang terkait dengan asam urat, seperti gout.

Pastikan Anda minum delapan atau lebih gelas air setiap hari. Gantikan minuman soda dan jus dengan air, dan selalu bawa botol air dengan Anda. Air juga terdapat dalam buah-buahan segar dan sayuran, jadi memakan lebih banyak buah dan sayuran dalam diet Anda akan meningkatkan asupan cairan, menekan penimbunan asam urat, dan menghasilkan macam hasil kegunaan kesehatan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *