10 Maskapai Terburuk Di Dunia, 2 Teratas Milik Lion Air
Ilustrasi Lion Air.(Suara/ACD)

10 Maskapai Terburuk Di Dunia, 2 Teratas Milik Lion Air

Maskapai Terburuk Di DuniaLion Air Group, Lion Air dan Wings Air, menduduki puncak dua daftar teratas dalam daftar 10 Maskapai Terburuk Dunia pada tahun 2022. Hal ini menjadi citra buruk bagi dunia penerbangan, mengingat Lion Air Group berasal dari Indonesia.

Daftar tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan oleh biro perjalanan Bounce. Hasilnya dipublikasikan sebagai The 2022 Airline Index. Perhitungan dilakukan untuk 50 maskapai terbesar di dunia dan 12 maskapai yang berbasis di Amerika Serikat.

10 Maskapai Terburuk Di Dunia, 2 Teratas Milik Lion Air
Ilustrasi Lion Air.(tempo/ACD)

Berdasarkan beberapa aspek survei, Lion Air merupakan maskapai penerbangan terburuk di dunia dengan skor hanya 0,72 dari 10.

Aspek utama yang dinilai adalah maskapai Indonesia hanya bisa mencatatkan 42,27 persen kedatangan tepat waktu. Kemudian tingkat kegagalan Lion Air yang tinggi mencapai 34,43%. Ini berarti sepertiga penerbangan Lion Air telah dibatalkan selama setahun terakhir.

Tidak hanya itu, Lion Air hanya mendapat 1 dari 5 untuk makanan dan hiburan yang diberikan. Juga 2 dari 5 untuk kenyamanan kursi dan layanan yang disediakan oleh staf.

Wings Air adalah maskapai penerbangan terburuk kedua di dunia dan juga merupakan bagian dari Lion Air Group. Wings Air tidak jauh lebih baik, dengan tingkat kedatangan tepat waktu 49,78%. Sedangkan tingkat pembatalan mencapai 20,63 persen.

Tak jauh berbeda, Wings Air juga mendapat rating 1/5 untuk makanan dan hiburan di dalam pesawat. Kemudian skor 2/5 untuk kenyamanan tempat duduk dan pelayanan yang diberikan oleh staf.

Menanggapi hal itu, Danang Mandala Prihantoro, direktur komunikasi perusahaan Lion Air Group, mengatakan pihaknya selalu melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pengalaman penerbangan.

“Lion Air dan Wings Air terus melakukan tinjauan kinerja secara berkala sejalan dengan peningkatan bertahap untuk terus mempromosikan aksesibilitas bagi masyarakat, pelancong bisnis dan liburan, memfasilitasi konektivitas antar wilayah dan membantu meningkatkan perekonomian,” Dikutip dari CNNIndonesia, (19/11/22).

Selain itu, rilis resmi Lion Air Group menjelaskan bahwa Lion Air (kode penerbangan JT) dan Wings Air (kode penerbangan IW) dikategorikan sebagai maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier sehingga tidak menyediakan atau menyediakan makanan dan minuman di dalam pesawat (penerbangan). makan) gratis.

Terkait dengan ketepatan waktu dan tingginya angka pembatalan penerbangan, Da Nang juga menyampaikan hal tersebut dengan menghadirkan data terbaru Lion Air dan Wings Air untuk tahun 2022.

“Lion Air dan Wings Air terus berupaya untuk meningkatkan, mempertahankan level On-Time-Performance (OTP) dan mempersiapkan tingkat responsivitas terbaik,” lanjut Lion Air Group.

Menurut data OTP Lion Air tahun 2022, kinerja penerbangan tepat waktu maskapai mencapai 76,10%. Sementara itu, Wings Air bernasib lebih baik, dengan skor 77,19%.

Perhitungan didasarkan pada pergerakan pesawat dengan keberangkatan dan kedatangan kurang dari 15 menit dari jadwal yang ditentukan di bandara besar dan menengah.

“Dalam langkah peningkatan ketepatan waktu, Lion Air dan Wings Air secara intensif berkoordinasi dan berkomunikasi sesuai standar operasional prosedur (SOP) dengan pihak terkait,” jelas Lion Air Group.

“Faktor-faktor yang mempengaruhi delay, cancelling, flight diversion dan recovery seperti cuaca, teknis dan lainnya selalu dianalisa dan dievaluasi (penilaian operasional),” lanjutnya.

Berikut daftar 10 maskapai penerbangan dengan layanan terburuk di dunia pada tahun 2022:

  1. Lion Air (0,72)
  2. Wings Air (1,11)
  3. Flydubai (1,18)
  4. AirAsia India (1,34)
  5. Shenzhen Airlines (1,54)
  6. VivaAerobus (1,56)
  7. Wizz Air (1,79)
  8.  Ryanair (2,06)
  9.  AirAsia (2,06)
  10. Volaris (2,15)

Demikianlah informasi 10 Maskapai Terburuk Di Dunia, 2 Teratas Milik Lion Air, semoga bermanfaat.

Sumber : CnnIndonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *