kerajinan dari kaleng bekas

√10+ Ide Kerajinan Dari Kaleng Bekas yang Wajib Dicoba

Kerajinan dari kaleng bekas. Walaupun beberapa orang meremehkan kaleng bekas dan menganggapnya cuma sampah tak berguna, namun orang-orang kreatif memiliki pandangan yang beda nih! Kamu bisa memanfaatkan kaleng bekas jadi bahan kerajinan dari barang bekas yang lebih berharga dan bermanfaat.

Enggak semua barang bekas cuma sampah doang lho. Ada kalanya barang bekas bisa diolah jadi barang berharga yang bisa dijual dengan harga yang bikin mupeng. Misalnya, kerajinan dari kaleng bekas atau kaleng minuman ringan. Dengan kaleng bekas, bisa dihasilkan beragam kerajinan dari barang bekas yang unik dan cantik bahkan mungkin nilainya juga lebih tinggi dibandingkan kerajinan lainnya.

Enggak cuma itu aja, proses pengolahan kaleng bekas jadi kerajinan juga bisa jadi cara yang ampuh buat mengurangi sampah dan memanfaatkan barang yang tadinya udah dianggap nggak guna. Nah, buat kamu yang lagi nyari inspirasi, yuk kita liat dulu ide kerajinan dari kaleng bekas yang keren abis berikut ini.

Kerajinan dari Barang Bekas

Kerajinan dari barang bekas itu keren banget loh! Bahannya bisa dari barang yang udah nggak kepake atau sampah. Nah, untuk bikin kerajinan barang bekas itu bisa pake tangan atau juga alat-alat khusus kayak gunting, lem, dan sebagainya. Banyak banget orang yang suka bikin kerajinan barang bekas karena hasilnya unik dan menarik, terus juga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang udah nggak kepake lagi jadi berguna.

Bahan-bahan yang bisa dipake untuk bikin kerajinan barang bekas itu banyak banget loh, misalnya aja kaleng bekas, kertas bekas, botol plastik bekas, kardus bekas, dan masih banyak lagi. Dengan bikin kerajinan barang bekas, kita bisa mengurangi sampah yang nggak berguna dan memanfaatkan bahan yang sebelumnya udah nggak kepake lagi.

Selain jadi cara ngurangin sampah, bikin kerajinan barang bekas juga bisa jadi hobi yang seru loh! Selain bisa menghasilkan produk yang bermanfaat, kita juga bisa puas dengan hasil karyanya yang keren abis.

Rekomendasi Ide Kerajinan dari Kaleng Bekas

Janganlah terburu-buru membuang kaleng bekas ke tempat sampah, kawanku. Kamu bisa mencoba membuat kerajinan dari kaleng bekas yang bernilai guna, seperti mengubah kaleng bekas minuman ringan atau sarden menjadi barang-barang kreatif seperti tempat pensil, tempat lilin, celengan, dan lainnya.

Tidak hanya memanfaatkan barang yang sebelumnya dianggap tidak berguna lagi, membuat kerajinan dari kaleng bekas juga bisa membantu mengurangi sampah dan membuat sesuatu yang bermanfaat. Penasaran dengan bentuk kerajinan dari kaleng bekas yang bisa dibuat? Yuk, kita simak beberapa contoh kerajinan dari kaleng bekas dan cara membuatnya beserta jenis-jenis kaleng yang bisa digunakan di bawah ini.

1. Celengan dari Kaleng Bekas

celengan dari kaleng bekas

Celengan dari kaleng bekas bisa menjadi kerajinan keren yang mudah dibuat. Kamu bisa mencobanya dengan menggunakan kaleng susu bekas yang telah dicuci bersih. Caranya cukup simpel, pertama-tama bersihkan kaleng bekas tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, buatlah lubang pada kaleng tersebut dengan ukuran yang pas untuk memasukkan uang, jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Pastikan juga agar kaleng tersebut cukup kuat dan kokoh untuk menahan uang yang terus bertambah di dalamnya.

Tidak hanya itu, Kamu juga bisa mempercantik tampilan kaleng bekas dengan menghiasnya menggunakan kertas kado atau kain flanel. Kaleng bekas susu yang tadinya tidak berguna bisa menjadi celengan yang lucu dan unik dengan sedikit sentuhan kreativitas. Siapa tahu, dengan membuat kerajinan dari kaleng bekas ini, Kamu bisa membuka peluang usaha yang menjanjikan. Yuk, coba sekarang juga!

2. Kap Lampu

Kamu suka lampu tidur yang unik dan keren, tapi nggak mau merogoh kocek dalam-dalam? Tenang saja, sekarang kamu bisa bikin kap lampu sendiri dari kaleng bekas, lho! Selain irit biaya, kamu juga bisa memanfaatkan barang bekas yang tadinya nganggur di rumah.

Gampang banget bikinnya! Pertama-tama, bersihkan dulu kaleng bekas yang mau kamu gunakan. Terus, tambahkan lubang pada kaleng dengan bentuk apa pun yang kamu suka. Setelah itu, pasang lampu pada kaleng bekas tersebut. Kalau mau, biar lebih elegan, kamu bisa cat kap lampu dengan warna hitam. Atau, kalau mau yang warna-warni, boleh juga! Yang penting, kamu bisa kasih sentuhan personal yang bikin kamar kamu jadi lebih cantik dan menarik dengan kerajinan dari kaleng bekas ini.

3. Pot Bunga

Kerajinan dari kaleng bekas pot bunga

Nah, kali ini ada contoh kerajinan dari kaleng bekas yang bisa Kamu coba sendiri, yaitu pot bunga! Jika Kamu seorang pecinta tanaman, Kamu bisa membuat pot bunga dari kaleng bekas yang tidak terpakai. Selain memperindah tampilan teras rumah, pot bunga dari kaleng bekas ini juga akan membuat pengeluaran Kamu lebih hemat. Sebab, Kamu tidak perlu lagi membeli pot bunga yang mahal di toko.

Untuk membuat pot bunga dari kaleng bekas, pertama-tama Kamu harus memastikan kaleng yang akan Kamu gunakan sudah bersih. Selanjutnya, buka tutup atas kaleng tersebut. Kamu bisa memberi warna pada kaleng bekas dengan menggunakan cat semprot yang disukai dan hias dengan pola-pola yang lucu seperti polka-dot atau garis-garis. Jangan lupa, hias pot bunga dari kaleng bekas Kamu dengan pita atau hiasan lainnya agar lebih cantik.

Setelah pot bunga siap, Kamu bisa menanam tanaman kesukaan Kamu di dalamnya dan meletakkannya di teras rumah. Atau, jika Kamu ingin, Kamu bisa menjual pot bunga tersebut dan memperoleh keuntungan. Bagaimana, tertarik mencoba membuat pot bunga dari kaleng bekas?

4. Gantungan Kunci

Yuk, coba cek di rak dapur kalian, pasti masih ada kaleng bekas yang teronggok rapi. Nah, kaleng bekas tersebut bisa dimanfaatkan lho menjadi gantungan kunci yang kece. Jangan anggap remeh ya, karena gantungan kunci dari kaleng ini nggak kalah keren dengan yang lainnya!

Untuk membuat kerajinan dari kaleng bekas menjadi gantungan kunci, pertama-tama kalian perlu membersihkan kaleng tersebut. Setelah itu, pasang gantungan kunci pada kaleng, atau jika ingin bentuk yang unik, kalian bisa bikin pola-pola keren di kaleng dengan pensil, lalu potong kaleng sesuai pola tersebut dan pasang gantungan kunci. Voila, gantungan kunci dari kaleng bekas kalian sudah siap digunakan!

5. Robot-robotan

robot robotan dari kaleng bekas

Kaleng bekas minuman ringan yang sudah tidak terpakai bisa diubah menjadi mainan robot yang keren. Buat kalian yang suka dengan mainan robot, kalian bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kaleng bekas. Meskipun tidak sehebat robot mainan mahal, robot ala retro ini tetap memiliki daya tarik tersendiri.

Selain bisa menghemat pengeluaran, membuat mainan robot ini juga dapat melatih kreativitas dan memanfaatkan waktu luang anak-anak. Yang lebih menguntungkan lagi, bahan yang dibutuhkan tidak terlalu mahal.

Untuk membuat robot-robotan dari kaleng bekas sangat mudah. Kamu hanya perlu mengumpulkan kaleng dalam berbagai ukuran, kemudian menggabungkannya sesuai bentuk yang diinginkan. Seru banget, kan?

6. Tempat Alat Tulis

Kaleng bekas nggak cuma bisa buat tempat jahit, tapi juga bisa jadi tempat alat tulis yang keren dengan pakai kaleng susu. Tempat pensil dari kaleng susu ini adalah salah satu kerajinan dari kaleng bekas yang bisa dibuat sendiri dengan gampang.

Pertama-tama, kaleng susu harus dibersihkan dengan baik. Setelah itu, tinggal deh hias kaleng susu dengan cat dan motif yang kamu suka. Tempat pensilmu sudah bisa dipajang di meja belajar dengan bangga. Selain lebih murah, kerajinan dari kaleng bekas juga bisa lebih bermanfaat. Kaleng susu emang bahan yang sering banget dipake buat bikin kerajinan dari kaleng bekas dan bikinnya pun nggak ribet.

7. Tempat Alat Jahit

Nah, buat kamu atau ibumu yang suka jahit menjahit, coba deh buat tempat alat jahit dengan harga super murah tapi tetap cantik, biar peralatan jahit enggak gampang hilang. Jarum, benang, dan gunting memang harus disimpan rapi supaya enggak kececeran di mana-mana. Nah, salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan kaleng bekas minuman ringan sebagai tempat penyimpanan.

Untuk membuatnya, kamu bisa pakai kaleng bekas kue karena diameter nya lebih lebar dari kaleng susu. Cara membuat kerajinan dari kaleng bekas ini juga super simpel, lho. Pertama-tama, bersihkan kaleng bekas dengan baik, bisa pilih antara kaleng minuman atau kaleng roti. Setelah itu, keringkan dan hias dengan cat warna atau kain biar makin keren.

8. Tempat handuk

Yuk, coba deh kreatif dengan memanfaatkan kaleng bekas minuman ringan sebagai wadah penyimpanan handuk di kamar mandi kamu yang kekurangan ruang. Dijamin, hasilnya bisa jadi tempat handuk yang super cantik dan unik!

Untuk membuat kerajinan dari kaleng bekas ini, pertama-tama siapkan beberapa kaleng bekas yang sudah dibersihkan dengan baik. Selanjutnya, balut bagian luar kaleng dengan kertas kado, kain flanel, atau cat dengan warna favoritmu. Setelah itu, tempelkan kaleng-kaleng tersebut di dinding kamar mandi. Voila! Kamu sudah punya tempat handuk yang cantik dan menghemat ruang.

Jadi, kerajinan dari kaleng bekas ini bukan hanya berguna untuk menghemat ruang, tapi juga bisa membuat kamar mandi kamu lebih cantik. Gampang banget, kan? Yuk, coba bikin sendiri dan buat kamar mandi kamu jadi lebih kece!

9. Tempat Lilin

tempat lilin dari kaleng bekas

Yuk, jangan panik ketika listrik di rumah mati dan kamu butuh cahaya lilin! Tapi, jangan lupa juga kalau lilin bisa membahayakan jika tidak ditempatkan dengan tepat. Makanya, lebih baik kamu persiapkan tempat khusus untuk lilin. Keren lagi, kamu bisa membuatnya sendiri tanpa harus beli mahal.

Nah, kali ini kita gunakan kaleng bekas minuman ringan sebagai bahan utamanya. Kaleng ini akan diubah jadi tempat lilin yang cantik dan aman. Langkah pertama, bersihkan dulu kaleng bekas yang akan kamu gunakan. Setelah itu, potong bagian tubuh kaleng sedikit agar ada ruang untuk menaruh lilin. Terakhir, berikan warna cat pada sisa potongan kaleng yang berfungsi sebagai alas. Tempatkan atau tempel tempat lilin di mana saja sesuai keinginanmu.

Sekarang kamu nggak perlu risau lagi ketika ada mati lampu. Selain aman, kerajinan dari kaleng bekas ini juga terlihat kece lho!

10. Tempat Sendok dan Garpu

Kerajinan terakhir dari kaleng bekas yang bisa kamu coba adalah tempat alat makan yang keren. Selain buat tempat handuk dan tempat pensil, kaleng bekas minuman juga bisa kamu ubah jadi kerajinan tangan yang murah meriah, contohnya tempat alat makan seperti sendok, garpu, pisau, atau sumpit.

Nih, cara bikin tempat alat makan dari kaleng bekas hampir sama kayak cara bikin tempat pensil. Pertama, bersihin dan potong bagian atas kaleng susu bekas. Terus, untuk tampilan yang lebih menarik, bisa kamu tutupi permukaan kaleng dengan renda atau kain flanel. Akhirnya, lem bagian tutup kaleng susu tersebut dan jadilah tempat sendok yang unik dan bikin meja makanmu makin keren.

11. Kompor Mini Camping

kompor kaleng

Yuk, coba kalian bikin kerajinan dari kaleng bekas minuman ringan seperti Coca-Cola jadi kompor mini saat kamu mau camping atau berkemah. Pas banget nih buat kamu yang suka traveling atau petualangan alam! Kompor memang jadi alat wajib yang nggak bisa dilewatkan saat kamu berkemah. Nah, supaya kegiatan memasak di tengah hutan makin seru, kamu bisa pakai kaleng bekas sebagai alternatif kompor mini.

Gimana caranya? Gampang banget! Pertama-tama, potong kaleng bekas dan masukkan batang kayu ke dalamnya. Lalu, bakar batang kayu tersebut untuk menghasilkan api yang bisa kamu gunakan untuk memasak. Tapi ingat ya, kompor mini dari kaleng bekas ini hanya cocok untuk keperluan sementara saja. Kalau kamu mau pakai secara terus-menerus, lebih baik beli kompor yang udah teruji kualitasnya dan aman.

Baca Juga: Pembelajar Bahasa Inggris Anda untuk Berbicara Peningkatan Menggunakan Komedi fable meaning

Penutup

Nah, itu dia beberapa contoh kerajinan dari kaleng bekas yang bisa kamu bikin di rumah. Selain bisa jadi hobi yang asik, kamu juga bisa menjadikan kerajinan ini sebagai sumber penghasilan tambahan dengan menjualnya ke masyarakat.

Jangan ragu untuk mencoba menjual kerajinan dari barang bekas, soalnya permintaan untuk kerajinan yang keren dan bernilai seni selalu tinggi. Apalagi kalau bahan bakunya hasil daur ulang limbah, pasti banyak yang tertarik karena bisa membantu mengurangi jumlah sampah di lingkungan kita. Yuk, mulai kreasikan barang-barang bekasmu menjadi kerajinan yang kekinian dan bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *